by

Proses Terbentuknya Emas

KOPI, Jakarta – Proses terbentuknya emas menjadi salah satu proses yang cukup menarik untuk Anda ketahui dengan baik. Hal tersebut karena pembentukan emas yang kemudian menjadi perhiasan cantik dengan harga yang cukup mahal menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda ketahui.

Tetapi, tahukan Anda mengapa emas mentah selalu berbentuk bebatuan? Hal tersebut karena menurut para ilmuwan, proses terbentuknya emas berasal dari batu meteorit. Selain itu, emas menjadi salah satu bahan tambang karena merupakan salah satu batuan yang terkubur di dalam tanah.

Berikut Ini Proses Terbentuknya Emas

Proses terbentuknya emas menjadi salah satu barang mewah yang berharga dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi sangat menarik untuk Anda ketahui. Yuk, simak ulasan singkat mengenai proses pembuatan emas.

Proses Pembentukan Emas

Emas merupakan salah satu batuan jenis meteorit yang ada karena hujuan meteor yang jatuh ke bumi. Pada mulanya, emas yang berada di toko perhiasan emas tersebut merupakan batuan meteor jatuh yang berasal dari cairan jenis fluida. Cairan fluida tersebut jatuh ke bumi dan mengalir menuju pori-pori bumi menjadi sebuat rekahan yang kecil.

Proses pembentukan emas terjadi saat emas menjadi benda cair yang kemudian diubah menjadi benda padat dengan beberapa bentuk tertentu. Perubahan emas dari cair menuju padat terjadi setelah mengalami penurunan suhu yang terjadi.

Proses terbentuknya emas terjadi pada saat magma yang awalnya cair menjadi beku dan mengalami proses kristalisasi. Dan larutan yang mendukung terbentuknya zat logam mulia menjadi sesuatu yang sempurna membutuhkan larutan hidrotermal. Larutan tersebut berfungsi untuk membantu proses pengubahan suatu zat logam menjadi emas epitermal.

Proses alterasi atau proses pengubahan logam mulia menjadi emas merupakan proses awal pembentukan emas secara alami. Hingga akhirnya emas mengalami proses dan pengelolaan lanjutan hingga menjadi perhiasan seperti kalung, gelang dan cincin yang menarik dan memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Bagaimana, proses pembentukan emas secara alami cukup rumit dan sulit bukan? Bahkan, ada beberapa proses lanjutan hingga emas menjadi perhiasaan atau mata uang yang berharga. Demikian ulasan singkat mengenai proses terbentuknya emas, semoga bermanfaat.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA