by

Praktek Kerja Lapangan Kenalkan Siswa SMK pada Dunia Industri

KOPI, Karawang – Pesatnya perkembangan industri menuntut para pekerja yang terampil dan profesional. Dengan adanya tuntutan dunia industri seperti itu, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berkomitmen mencetak tenaga kerja yang terampil.

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa. PKL atau Praktek Kerja Industri (Prakerin) bertujuan mengenalkan siswa kepada dunia industri yang dilaksanakan langsung di lingkungan kerja atau perusahaan.

PT Trijaya Teknik Karawang yang dipimpin Rahmat Wiguna, bergerak di bidang automotif merupakan salah satu perusahaan yang memberi peluang bagi siswa SMK untuk melaksanakan kegiatan PKL di sana. Ada sekitar 17 SMK yang telah bekerjasama dengan PT Tri Jaya, yang berasal dari Karawang, Cirebon, Ciamis dan Indramayu.

Saat dikonfirmasi awak media kepada manajemen PT Tri Jaya, Dudi selaku HRD & GA menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan sesuai yang tercantum dalam kurikulum pendidikan.

“Fungsi dilaksanakan PKL adalah untuk memperkenalkan siswa SMK dengan dunia industri dan memberi bekal kepada mereka agar menjadi pekerja yang produktif dan melaksanakan pekerjaan dengan baik, sehingga produk yang dihasilkan berkualitas sesuai spek yang ditentukan,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk siswa-siswa yang menjalani masa PKL,mereka akan bergabung dengan para pekerja di bagian masing-masing. “Mereka ditempatkan di bagian packing, finishing, dan produksi,” paparnya.

Ia berharap, kepada siswa-siswa yang telah melaksanakan PKL di PT Tri Jaya akan memiliki keahlian, sehingga ketika mereka lulus mereka mampu bekerja di bidang keahlian masing-masing atau membuka usaha sendiri.

“Anak-anak yang sudah PKL di Tri Jaya selain berbaur di bagian produksi, mereka juga diberikan bekal atau tambahan karya, masing-masing bagian spesialis welding, bubut dan lainnya. Alhamdulillah setelah PKL di sini mereka sudah bisa ngebubut, ngelas, dan lain-lain,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk waktu PKL sesuai kurikulum selama 6 bulan. “Namun dikarenakan serapan PKL sangat kecil maka waktu PKL dipersingkat selama 3 bulan, kemudian akan dirolling dengan siswa yang lain,” pungkasnya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA