by

Mengenal 8 Kue Tradisional Khas Indonesia

KOPI, Kediri – Bahan Tepung Terigu sering kali digunakan untuk membuat berbagai kue yang ada di Indonesia. Kebanyakan kue khas Indonesia berasal dari bahan tepung terigu.

Namun, ada juga beberapa kue yang bahannya tidak menggunakan tepung terigu tersebut.Anda dapat membuat kue khas Indonesia sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Jadi, 7 kue khas Indonesia yang dimasak dengan kukus sampai dipanggang. Nah untuk lebih lanjutnya lagi mengenai kue ini maka simaklah ulasan yang dilansir dari tastynesia.com berikut ini.

Daftar Kue Tradisional Khas Indonesia

Ada beberapa kue tradisional khas Indonesia yang bisa Anda buat di rumah. Kue ini bisa Anda sajikan di untuk keluarga ataupun teman. Bahan bahan pun juga mudah didapatkan dipasar kecil yang terdekat di rumah.

1. Kue Lapis

Kue Lapis adalah kue tradisional khas Indonesia yang bisa Anda jumpai di beberapa acara seperti syukuran, pernikahan dan khitanan. Bahan kue lapis ini meliputi tepung beras, tepung sagu dan santan.

Seperti yang kita ketahui, ciri khas tradisional mempunyai tampilan berlapis. Cara pembuatannya juga mudah, Anda tinggal mengkukus adonan kue tersebut.

BACA JUGA: Resep Bolu Kukus Pandan dan Gula Merah

2. Kue Apem Selong

Kue apem selong ini hampir dengan kue serabi dengan tampilan pinggiran yang berenda.

Bahan dasae untuk membuat kue ini adalah tepung beras, tapai singkong, dan santan. Ada juga beberapa adonan lainnya yang perlu Anda ketahui misalnya ragi, air hangat, dan gula pasir.

Cara membuat kue apem selong ini juga tidak ribet, tinggal dipanggang di atas tungku tanah liat.

3. Kue Bugis

Kue Bugis merupakan kue yang berasal dari bahan tepung ketan yang di isi dengan kelapa parut manis. Tampilan kue Bugis ini hampir mirip dengan mendut jajanan yang berada dari Jawa tengah.

Selain itu, ada beberapa resep yang perlu Anda ketahui untuk membuat kue Bugis tersebut campuran tepung ketan hitam dan putih.

4. Kue Putu Mayang

Kue putu mayang merupakan salah satu kue asli info yang berasal dari Betawi. Bentuk kue putu mayang tersebut hampir mirip dengan mie yang di gulung-gulung.

Kue ini berasal dari bahan tepung beras, biasanya kue ini enak disantap dengan saus gula cair.

5. Nagasari

Masih sama dengan kue tradisional dari bahan tepung beras, kue nagasari bisa Anda buat dirumah dengan mudah.

Ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu seperti pisang tanduk. Bahan bahan ini bisa Anda peroleh di pasar ataupun minimarket.

6. Klepon

Pasti Anda tidak asing dengan kue khas Indonesia ini. Kue klepon ini banyak Anda jumpai di pasar atau di warung pinggir jalan. Banyak sekali acara acara yang menggunakan jajan khas Indonesia yang enak dan sehat.

Kue klepon memiliki bahan dasar tepung beras. Lalu, Anda tinggal membentuk bulat dan disantap saat hujan.

7. Cenil

Cenil adalah saudara kue lapis dan dibuat dari tepung sagu yang direbus. Biasanya kue ini dikombinasikan dengan parutan kelapa yang sudah dikukus.

Biasanya orang menyebut cenil ini dengan klanting. Cuaca yang enak untuk makan kue cenil ini pada saat hujan.

8. Kue Putri Mandi

Kue Putri Mandi adalah salah satu kue tradisional khas Indonesia yang bisa Anda buat tanpa menggunakan tepung terigu.

Bentuknya seperti bola warna warni dan disiram dengan bubur sumsum. Tekstur kue khas Indonesia ini kenyal dan gurih.

Nah itulah beberapa kue tradisional Indonesia yang bisa Anda coba dirumah. Caranya pembuatan kue kue tersebut juga mudah

.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA