by

Haji Uma Pulangkan TKI Asal Lhokseumawe yang Sempat Ditangkap di Malaysia

KOPI, Lhokseumawe – Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman yang biasa dikenal Haji Uma kembali membawa pulang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ibu dan anak, asal Desa Paloh Punti, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, pada Sabtu (18/12/2021). Dimana wanita yang bernama Liswani bersama anak perempuannya yang baru berumur 1,4 tahun sempat ditahan di Malaysia.

Haji Uma menjelaskan, sekitar tiga bulan lalu, Liswani bersama anaknya berangkat ke Malaysia dengan kapal laut melalui salah satu wilayah di Sumatera Utara dalam perjalanan kapal yang ditumpanginya di tangkap pihak polisi malaysia. “Karena keberangkatan tidak secara resmi, maka sampai di Malaysia langsung ditangkap pihak polisi Malaysia, Sempat ditahan di kawasan Johor sekitar dua bulan,” katanya.

Selanjutnya, Liswani bersama anaknya dijemput tim dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk dibawa pulang ke Indonesia.

Sampai di Indonesia, Liswani bersama anaknya sempat dikarantina sekitar satu minggu di Wisma Atlet Jakarta. Setelah itu baru dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani di Jakarta.

Jadi, beberapa hari lalu, Haji Uma pun dihubungi oleh orang tua Liswani. Mengadukan tentang anaknya yang sedang berada di Jakarta, usai dipulangkan dari Malaysia. “Tapi orang tuanya tidak tahu posisi tepatnya Liswani. Sehingga meminta tolong pada saya untuk mencarinya,” Jelas Haji Uma.

Maka dari itu, dirinya langsung membuka jaringan untuk mencari keberadaan Liswani. Sehingga diketahui sedang berada di Balai Rehabilitasi Sosial Anak memerlukan Perlindungan Khusus Handayani, yang merupakan balai dibawah Kemensos RI.

Selanjutnya, dia langsung melakukan pertemuan dengan pihak balai, guna memediasi agar Liswani dan anaknya bisa segera dibawa pulang ke Aceh. “Dasarnya pihak Balai juga akan memulangkan dia dan anaknya ke Aceh. Namun masih menunggu jadwalnya. Jadi saya harapkan bisa dipulangkan secepatnya,” katanya.

Sehingga pihak balai mengizinkan, setelah adanya surat dari orang tua dan aparatur gampong. “Sedangkan untuk dana pemulangan, sementara ini belum tersedia di Balai, makanya saya berinisiatif untuk menalangi terlebih dahulu. Jadi, pada hari ini saya pun langsung bisa membawa pulang Liswani bersama anaknya,” kata H Uma.

TKI tersebut Liswani dan anaknya, yang didampingi Haji Uma dan seorang pegawai balai, tiba di Bandara Malikussaleh Aceh Utara sekitar pukul 12.30 WIB. Selanjutnya, rombongan Staf Haji Uma dan Dinas sosial Kota Lhokseumawe langsung menuju ke rumah Liswani. Sampai di rumah, Liswani dan anaknya disambut isak tangis oleh keluarganya.

Kemudian kedatangan TKI tersebut ditepung tawar oleh pihak keluarga. Terlihat juga ibu dari Liswani yang mengucapkan terima kasih kepada Haji Uma, sambil terus menangis.

Saat hendak pamit Haji Uma dari rumah orang tua TKI tersebut, Haji Uma memberikan sedikit bantuan modal usaha untuk TKI tersebut.(*)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA