by

Dina Simanjuntak Gondol 2 Medali Emas dalam Seleksi Atlet Panjat Tebing PON XXI Aceh

KOPI, Medan – Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan yang bernama lengkap Dina Rahel Simanjuntak berhasil menggondol dua medali Emas pada ajang seleksi Atlet Panjat Tebing Sumatera Utara (Sumut) Pelatda Jangka Panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Mahasiswa yang akrab disapa dengan panggilan Dina ini, merasa senang saat dimintai hadir di ruangan Kabiro kemahasiswaan UHN oleh Libianko Sianturi, S.T., M.T., selaku Kepala Biro Kemahasiswaan, Jumat (3/12/2021).

Dina terlihat antusias saat datang lebih awal ke ruangan Kabiro Kemahasiswaan dari jadwal yang sudah ditentukan. Hal ini menunjukkan sikap kedisiplinan yang tinggi dari diri seorang Atlet bahwa kedisiplinan itu sudah menjadi habit yang dibangun sejak lama.

Dina juga bercerita, bahwa dia adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis, Program Studi Ekonomi Perpajakan stambuk 2018. “Saat ini saya duduk di bangku perkuliahan semester V yang dipimpin oleh Rimbun C.D Sidabutar, SE,.M.Si. sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Perpajakan,” ujar Dina saat diminta memperkenalkan diri.

Lanjutnya, agar bisa terpilih sebagai atlet Panjat Tebing yang mewakili Sumut dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024 nanti Pelatih menyarankan kepada setiap atlet agar latihan sepuluh sesi dalam seminggu, antara lain, tujuh sesi latihan fisik dan tiga sesi latihan teknik.

Kemudian, adapun tahapan yang akan dilalui yaitu akan dimulai pada tanggal 21 Desember 2021 mendatang digelar oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Sumatera Utara merupakan seleksi tahap awal. “Itu seleksi awal penyaringan yang dilakukan KONI Sumut untuk mengecek kondisi fisik dan kesehatan semua atlet. Setelah itu, proses penyeleksian akan dilakukan kembali pada awal Januari 2022 mendatang,” jelas Dina yang merupakan atlet binaan Gajah Mada Climbing Club.

Peserta yang mengikuti seleksi atlet PON juga datang dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara, khususnya untuk kategori Panjat Tebing, ada yang datang dari Asahan, Deli Serdang dan termasuk juga kota Medan.

Dari sisi Gajah Mada Climbing Club sendiri, sangat mendukung dan mengupayakan bantuan apa yang bisa diberikan untuk Dina, mulai dari tempat latihan, peralatan panjat tebing juga bantuan administrasi lainnya dengan harapan bisa lolos pada ajang seleksi Atlet Panjat Tebing PON XII/2024.

Tidak sampai di situ, dari UHN Medan juga turut mendukung dan memfasilitasi Mahasiswa berprestasi seperti Dina. “Kita akan masukkan nama Dina ke dalam daftar mahasiswa penerima bantuan UKT (Uang Kuliah Tunggal), juga kita bantu publikasi lewat Persma bidik UHN,” tutup Kabiro Kemahasiswaan UHN, Libianko Sianturi, ST,.MT.

Dina juga menyampaikan awal mula ketertarikannya dengan panjat tebing, semua berawal dari kegiatan pekan olahraga dan kesehatan (Porkes) di Yayasan Perguruan Sekolah Gajah Mada Medan, salah satu lomba yang diperebutkan yaitu panjat tebing.

“Saya mengikuti kompetisi lomba panjat tebing tersebut dengan pengalaman yang minim, saya hanya sebatas ikut tanpa berharap bisa menjadi juara, eh.. ternyata bisa membawa pulang piala Juara I, dan ditawarkan bergabung dengan Gajah Mada Climbing Club untuk dilatih menjadi calon atlet,” pungkas Dina, Perempuan yang berdomisili di Jalan Pelita 4 Medan. (Pancer)

Editor: NJK