by

Dansektor Sektor 19 Pimpin Pembersihan Sampah di Sungai Mareleng Telukjambe Timur

KOPI, Karawang – Dansektor 19 Satgas Citarum Harum bersama Subsektor 6-7 melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di jembatan Sungai Mareleng Anak Sungai Citarum, yang berlokasi di Dusun Ulekan 2, Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Senin (13/12/21).

Kegiatan dipimpin Dansektor 19 Kolonel Kav R Ahmad Hudiono, serta dibantu Kepala Desa Sukaharja Iwan Setiawan, Ketua Tim Karaba Rescue Agus Suganda, Dewan Penasehat Karaba Rescue Budi Georn, Babinsa Desa Sukaharja, Serma Sahari, Batih Sektor 19 Serma Suprianto, Dansub 7 Serma Bariman, serta Anggota Satgas Citarum Sektor 19 dan Jajaran Tim Karaba Rescue.

Kepada awak media Pewarta, Dansektor 19 mengatakan kegiatan hari ini adalah pembersihan sampah-sampah yang ada di aliran sungai Mareleng Anak Sungai Citarum. “Sampah yang ada di aliran sungai ini adalah sampah rumah tangga yang cukup banyak, setelah diangkat, alhamdulilah sungai Mareleng sudah lumanyan bersih,” ujar Hudiono.

Lanjutnya, sampah-sampah tersebut akan dibersihkan semua dari permukaan sungai agar tidak terjadi pemampetan. “Jika terjadi air besar maka tidak akan mampet dan tidak terjadi banjir, mengingat saat ini sedang musim hujan,” jelasnya.

Dansektor 19 berharap kepada seluruh warga masyarakat di sekitar Sungai Mareleng untuk tidak membuang sampah sembarang apalagi ke sungai. “Apabila ada oknum yang membuang sampah ke sungai, maka warga masyarakat harus ikut andil melarang atau mengingat oknum tersebut agar tidak membuang sampah ke sungai,” tegasnya.

Hudiono menambahkan, Satgas Citarum bersama stakeholder lainnya akan berusaha semaksimal mungkin dan akan menyelesaikan permasalahan sampah ini. “Saya sebagai Dansektor 19 tidak menghendaki di wilayah saya terjadi banjir, kami akan berusaha maksimal dalam menangani sampah di sungai,” ungkapnya.

Hudiono menegaskan, jika ditemukan masyarakat yang membuang sampah ke sungai maka akan diingatkan terlebih dahulu, jika perlu sampah yang sudah dibuang ke sungai disuruh ambil kembali untuk dibuang ke tempatnya.

“Kita ajarkan mereka dan jangan bosan-bosan mengingatkan mereka untuk berbuat baik yang sesuai dengan aturan. Jadi, tidak merusak alam karena jika terjadi banjir imbasnya ke kita-kita juga. Selain itu, di dalam Kitab suci Al-Quran juga mengajarkan tidak boleh merusak alam tetapi menjaganya,” tandasnya.

Sementara itu, Iwan Setiawan, S.H., selaku Kades Sukaharja menyampaikan bahwa Pemdes menerima laporan dari warga terkait adanya penumpukan sampah di Sungai Mareleng Anak Sungai Citarum. “Alhamdulillah kami langsung berkoordinasi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 19 dan bersama-sama melaksanakan pembersihan sampah yang menumpuk di jembatan Sungai Mareleng. kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai,” tutup Iwan. (AAS)

Editor: NJK