by

Cetak Wirausaha Baru Bupati Tamba Resmikan Inkubator Bisnis dan teknologi Triatma Mulya Jembrana

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba melakukan soft launching Inkubator Bisnis dan Teknologi, di Universitas Triatma Mulya Jembrana, di Jalan PB Sudirman, Kelurahan Pendem, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Rabu (17/12/2021). Launching tersebut bersama Rektor Universitas Triatma Mulya I Ketut Putra Suarthana juga hadir Sekda I Made Budiasa.

Kerjasama tersebut, antara Pemkab Jembrana dengan Universitas Triatma Mulya itu,  diharapkan mampu mencetak SDM  kreatif baik dibidang pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, bisnis, serta pendidikan. Sekaligus merealisasikan janji kampanye kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba bersama Wabup Patriana Krisna  mencetak wirausaha baru melalui inkubator bisnis bekerjasama dengan UTM. 

Rektor Universitas Triatma Mulya I Ketut Putra Suarthana menyampaikan, Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Triatma Mulya adalah suatu program yang diciptakan oleh program dari fakultas Informatika. “Kebetulan IBT tersebut memperoleh hibah dari Kemenristek Dikti, ini adalah yang pertama kali bagi kita, dengan harapan mampu membangkitkan usaha kecil dan menengah di Jembrana dan Bali, pada khususnya dengan sentuhan teknologi jaman now,” ucap Rektor UTM Ketut Putra Suarthana.

Putra Suarthana menambahkan, bahwa Universtitas Triatna Mulya Jembrana sangat berkomitmen dalam membangun SDM di Jembrana baik dibidang pendidikan, kesehatan, kewirausahaan dan bisnis, apalagi lembaga pendidikan juga didukung dengan fasilitas yang memadai. “Saya berharap keberadaan universitas ini bisa membantu anak-anak muda yang ada di Jembrana, dalam menciptakan ide-ide kewirausahaan dan bisnis, sehingga  mereka tidak lagi pergi ke keluar daerah untuk mencari pekerjaan, dan mampu menciptakan pekerjaan dan hal ini kita akan persiapkan dan semua dari IBT ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan keberadaan IBT menjadi jawaban janji politiknya, saat  pencalonan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jembrana untuk membangun Incubator bisnis, hal itu juga disampaikannya saat acara 100 hari masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tamba-Ipat beberapa kampus sudah mendatangani MoU pada saat itu untuk menciptakan wirausaha baru. 

“Kita akan mengerahkan para generasi muda Jembrana untuk belajar mandiri dalam mengembangkan kewirausahaan yang didukung dengan sentuhan teknologi. IBT inilah yang menjadi wadahnya, seperti kita ketahui ke depan kita akan dikuasai oleh tekenologi. Dalam Dunia bisnis IT dan Teknologi di masa depan akan sangat diperlukan bagi anak-anak muda jaman sekarang khususnya generasi muda Kabupaten Jembrana, mengingat waktu terus berjalan kebutuhan di dunia IT dan Teknologi akan terus dikembangkan menuju tahun emas 2026,” ucap Bupati Tamba. 

Lebih lanjut, Pihaknya menuturkan bahwa ke depannya tidak mungkin bekerja biasa seperti sekarang, pasti mengikuti perkembangan dunia IT semua kerja di alam maya, untuk itu apa yang dilahirkan oleh universitas ini mampu mencetak anak-anak muda yang tangguh di masa depan dan berinovasi, ini penting sekali, secara konvensional tetap ada, tetapi kita mengarah bukan ke dunia itu, apalagi sekarang ada dunia maya yang menciptakan bahwa transaksi itu tidak ada lagi di alam nyata, akan tetapi berada di alam maya.

“Saya ingin apa yang disiapkan oleh pihak kampus, mulai sekarang pasti bisa bermanfaat di tahun 2025, bahkan tidak lupa, saya akan undang anak-anak muda Jembrana nanti 26 Desember 2021, dimana kita akan lounching Terminal Kaliakah sebagai angkringan anak muda, di tempat itu, bukan berarti kita berjualan produk makanan saja, akan tetapi, kita akan jualan produk IT, masyarakat akan tahu dunia ke depan seperti apa, kita jangan sampai ketinggalan IT dan teknologi,” jelasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA