by

Bupati Tamba Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

KOPI, Jembrana – Pemkab Jembrana menyerahkan bantuan kemanusiaan korban bencana erupsi gunung semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim, bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan diterima Bupati Lumajang Thoriqul Haq, di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Jatim, Selasa (14/12/2021).

Ikut serta dalam kegiatan kemanusian tersebut, Wagub Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati; Sekda Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa; Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jembrana, I Putu Agus Artana Putra.

Keterangan foto: Kiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba, kanan Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saat memberikan bantuan kemanusian korban erupsi gunung semeru Kabupaten Lumajang.

Sebagai wujud kepedulian terhadap korban bencana erupsi gunung semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim, Bupati Jembrana I Nengah Tamba atas nama Pemkab Jembrana memberikan beberapa jenis bantuan berupa:

1. Uang sebesar Rp27.050.000.00,-
2. Mie instan sebanyak 35 dus
3. Air mineral sebanyak 30 dus
4. Pasta gigi sebanyak 2 dus
5. Sabun batang sebanyak 3 dus
6. Sikat gigi sebanyak 2 dus

Bantuan tersebut di atas merupakan hasil penggalangan dana dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Jembrana.

Di tempat yang sama dan bersamaan dengan Pemkab Jembrana, Pemerintah Provinsi Bali juga menyalurkan bantuan kemanusiaan yang diserahkan langsung Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang juga diterima Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba atas nama masyarakat dan pemkab Jembrana menyampaikan turut prihatin atas musibah erupsi gunung semeru yang terjadi beberapa pekan lalu, yang mengakibatkan banyak masyarakat mengungsi karena terdampak sangat parah, dan banyak korban jiwa. “Kita hari ini hadir di Kabupaten Lumajang, untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan atas musibah erupsi gunung semeru, semoga bantuan ini, minimalnya dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi gunung semeru yang saat ini, ada dipengungsian dan semoga mereka semua senantiasa dalam keadaan baik dan dilindungi Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Bupati Tamba.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jembrana atas bantuan kemanusiaan yang secara langsung diserahkan oleh Bupati Jembrana. “Terima kasih Pak Bupati Tamba atas bantuannya tersebut.
Ini bentuk jalinan persaudaraan yang betul-betul kami rasakan sebagai masyarakat di Lumajang, dan bukan saat ini saja, karena sesungguhnya persaudaraan antar masyarakat di Bali dan Lumajang sudah dari dahulu kala terjalin begitu harmonis, sekali lagi terima kasih, salam kepada saudara-saudara di Jembrana ,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan untuk diketahui bahwa gunung api tertinggi di pulau Jawa tersebut meletus, Sabtu (4/12/2021) pukul 13.30 WIB. Letusan gunung api yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang itu menyebabkan guguran lava dan awan panas yang melanda sejumlah daerah di sekitarnya.

Terkait warga yang mengungsi, sebanyak 2.004 warga berada di 19 titik pengungsian yang tersebar di 3 kecamatan, antara lain Kecamatan Pronojiwo, Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pasirian. “Per hari ini, Selasa (14/12/2021), sesuai data yang dilaporkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Lumajang bahwa korban meninggal dunia akibat awan panas guguran gunung semeru mencapai 48 orang jenazah, dan ditemukan 4 bagian tubuh manusia dalam bencana ini,” jelas Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA