by

Bupati Tamba Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Tiadakan ijin Keramaian Jelang Nataru

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral Kabupaten Jembrana yang diadakan Polres Jembrana, bertempat, di Aula Polres Jembrana, Bali, Senin (20/12/2021).

Rapat koordinasi tersebut, dihadiri Dandim 1617 Jembrana, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna S.Sos; Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana S.H., S.I.K., M.I.K; Danyon C Pelopor Brimobda Polda Bali, Kadis/Kepala OPD Kabupaten Jembrana, ASDP Gilimanuk, FKUB serta jajarannya se-Kabupate Jembrana.

Untuk mengantisipasi suasana kamtibmas menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, jajaran Polres Jembrana mengadakan rapat dalam rangka persiapan menyambut Perayaan Nataru, Polres Jembrana mengadakan Rapat Koordinasi Operasi Lilin Agung tahun 2021.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana S.H., S.I.K., M.I.K. mengatakan bahwa “Untuk perayaan Natal ada 29 Gereja, tetapi yang melaksanakan kegiatan sebanyak 22 Gereja, kita sudah persiapkan pos dan anggota, untuk pengamanannya berkolaborasi dengan TNI dan dinas terkait, serta masyarakat dan remaja gereja, untuk gelar pasukan pengamanan Nataru akan dilaksanakan 23 Desember 2021, dengan melibatkan 141 personil untuk Ops Lilin, sedangkan personil yang lain akan all arround untuk melaksanakan pengamanan.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa pengamanan Nataru sudah biasa dilakukan dari tahun-ketahun, hanya saja, selama dua tahun ini kita dihadapkan dengan wabah virus Covid-19.

Solidaritas semua elemen, Polri, TNI, Pecalang, dan semua elemen terkait akan bersinergi untuk pelaksanaan Nataru tetap kondusif dan menjaga protokol kesehatan tetap berjalan dengan baik. Forkopimda harus hadir pada saat pengamanan, 24 Desember kita berkunjung ke Misa Natal yang ada. Tidak lupa Bupati Tamba menyampaikan Selamat Menyambut Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. “Semoga Kabupaten Jembrana di tahun 2022 dilancarkan menuju Jembrana Keemasan di tahun 2026,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba juga menegaskan bahwa tidak ada ijin yang akan diberikan terkait keramaian dalam bentuk apapun. Hal tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dan juga mencegah terjadinya kerumunan. Sehingga situasi Nataru diharapkan kondusif dan sekaligus menghindari terjadinya peningkatan kasus covid-19,” Terang Bupati Tamba.

Terkait penambahan armada kapal dari ASDP untuk antisipasi lonjakan penumpang pada Nataru, Bupati Tamba memohon agar Kapal Motor Penumpang (KMP) yang akan digunakan laik berlayar sehingga terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, karena setiap saat cuaca tidak bersahabat.

Usai Rapat koordinasi tersebut, Bupati  Tamba yang di dampingi Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana dan Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.Sos meresmikan pagar depan Mapolres Jembrana yang bersumber dari dana hibah Kabupaten Jembrana tahun 2021.

Sementara Kapolres Jembrana mengajak semua berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengamanan Ops Lilin Agung 2021 demi Kabupaten Jembrana yang sehat dan kondusif. Ia berharap nantinya Jembrana dapat dijadikan contoh oleh Kabupaten lain karena Kabupaten Jembrana memiliki pintu masuk Bali, yaitu di Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Sementara Dandim 1617 Jembrana, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.Sos menambahkan, dari TNI pihaknya juga akan membackup penuh Polres Jembrana. “Kita bantu sesuai perintah, dan siap memasivkan pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya indikasi adanya kebocoran atau celah-celah pihak ketiga yang menjanjikan kemudahan menyebrang di Pelabuhan Gilimanuk seperti pemalsuan Suket,” tegas Dandim Letkol Hasrifuddin Haruna S.Sos.

Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna S. Sos menambahkan untuk personil yang diterjunkan untuk backup ini, sebanyak 170 orang pasukan,  terdiri dari Kodim sebanyak 73 personil dan dari satuan tempur Yonif 741 sebanyak 97 untuk situasi darurat,” imbuhnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA