by

BigQuery Menjadi Parameter Percepatan Digitalisasi Bisnis, Ini Alasannya

KOPI, Kediri – BigQuery menjadi solusi Data Warehouse yang banyak digunakan para klien PT Terralogiq Integrasi Solusi. Ketika pertumbuhan data terus berkembang secara eksponensial, perusahaan perlu berhalih menggunakan BigQuery yang mampu mengikuti kebutuhan pengelolaan data tersebut. Hal ini dikarenakan data warehouse tradisional tidak memiliki kemampuan memproses data berukuran besar dan memiliki kapasitas yang terbatas.

“Semenjak pandemi saat ini, kami melihat trend percepatan digitalisasi proses bisnis secara masih di sebagaian besar industri. Karena data bisnis dialihkan ke digital, maka data perusahaan akan tumbuh secara masif, serta sebagian besar data warehouse tidak mampu untuk menampung dan mengelola kebutuhan data tersebut. Untuk itu, disini kami menawarkan BigQuery sebagai pengganti data warehouse yang sifatnya cloud native.” ucap Farry Argoebie selaku CTO Terralogiq.

“Perusahaan yang menggunakan BigQuery memungkinkan untuk mempercepat digitalisasi bisnis karena tidak perlu membeli hardware dan melalui proses integrasi yang cukup menghabiskan waktu. Teknologi dalam BigQuery sama halnya dengan teknologi yang digunakan oleh Google dalam beberapa servicenya, seperti Search, Ads, dan YouTube. Selain itu, BigQuery juga bersifat cloud native, degan ini perusahaan tidak perlu berinvestasi hardware berlebih.”

Farry juga menjelaskan beberapa alasan mengapa saat ini menjadi waktu yang tepat untuk beralih ke BigQuery.

  1. Time to Market. Google Cloud memungkinkan perusahaan untuk melakukan setup dengan cepat dan dapat diimplementasikan secara langsung tanpa harus mengkonfigurasi server fisik. BigQuery juga sangat memungkinkan perusahaan untuk melakukan query dalam unit Petabyte hanya dalam hitungan detik.
  2. Integrated Data. Karena berada di dalam Google Cloud, perusahaan dapat dengan mudah digabungkan dengan produk Google Cloud lainnya seperti Firebase, CloudStorage, ataupun database lainnya seperti MySQL dalam BigQuery.
  3. Security & Compliance. Google Cloud memiliki keamanan yang paling komprehensif dan daftar compliance di hampir seluruh negara. Karena terdapatnya data center Google Cloud Indonesia yang berada di Jakarta, perusahaan dapat meyakini bahwa implementasi BigQuery mereka telah terlindungi dari segi keamanan dan regulasi.

BigQuery yang dapat diintegrasikan melalui Google Cloud Platform, akan semakin fundamental di tengah kompetisi bisnis digital. Eksekusi data realtime yang memungkinkan pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, hanya dapat dilakukan melalui BigQuery.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA