by

Aplikasi Alternatif Terbaik TikTok, jika Kamu Bosan

-Video-587 views

Dirilis pada 2016, TikTok (atau Douyin/抖音 di Tiongkok) ialah service share video berdurasi singkat yang dibuat oleh ByteDance dari Negeri Gorden Bambu. Dengan TikTok, kamu bisa membuat video berdurasi singkat dengan jenis apa saja, dari musik, tarian, sampai mendidik, dengan durasi waktu cuman 15 detik sampai 1 menit.

Sempat jadi bahan pro-kontra karena didakwa oleh AS jadi mata-mata pemerintahan Tiongkok, reputasi TikTok justru melesat semenjak 2020 karena wabah penyakit virus corona baru (COVID-19). Disamping itu, harus dianggap, TikTok menjadi basis pemasaran yang efisien mencapai kalangan muda!

Tetapi, seperti tren-tren yang lain, kita juga tidak sangsi berasa jemu sesudah bermain atau menonton video TikTok akhir-akhir ini. Bila itu keluh kesahmu, tak perlu gusar! Berikut beberapa alternative yang sama dengan TikTok yang dapat kamu jadikan pelarian.

Chingari

Seperti yang kamu tahu, mulai Juni 2020, India telah memblok TikTok dan 58 program HP lain . Maka, bagaimana India gantikan TikTok? Alternative yang digunakan India ialah Chingari, salah satunya duplikasi TikTok yang laku di Negeri Bollywood ini.

Chingari mengeklaim sudah mempunyai lebih dari 20 juta creator di aplikasinya. Karena sangat terkenalnya, pada 15 hari awal, Chingari menulis lebih dari 1 juta unduh dan 25 juta unduh per Juli 2020!

Walau namanya berlainan, Chingari dan TikTok masih tetap serupa. Di sini, kamu bisa membuat video memiliki durasi singkat disertai musik dan suara lain. Pasti, kamu bisa membagi video berdurasi singkat itu dengan beberapa orang paling dekat. Chingari bisa didownload dengan gratis di App Toko untuk handphone Apple dan Play Toko di Android.

Dubsmash

Lebih tua dari TikTok, Dubsmash ialah program service share video berdurasi singkat yang di-launching pada 2014 di Jerman. Berdiri mandiri sebelumnya, per Desember 2020, Dubsmash sudah diambil oleh Reddit. Terkenal di Jerman, per 2015, Dubsmash telah di-download lebih dari 50 juta kali di 192 negara!

Sama dengan TikTok (atau justru TikTok yang bisa ide dari sini), Dubsmash ialah tempat buatmu untuk membikin video berdurasi singkat yang dipercantik dengan filter dan text, dan disertai dengan musik dan suara yang lain untuk lip sync.

Facebook

“Raja Media Sosial” yang lahir di 2004, Facebook rupanya bisa saja basis buat kamu yang jemu dengan TikTok. Selainnya posting dan membagi status, sosial media terlaku dengan 2,5 miliar pemakai ini juga menjadi media untuk membikin video berdurasi singkat !

Selainnya membuat video berdurasi singkat dengan clip audio, filter, dan text, Facebook mempunyai kolom tertentu untuk atur video-videomu dengan sederhana. Disamping itu, dengan algoritma canggih, video singkatmu gampang trending di Facebook! Ambil Facebook secara gratis di App Toko dan Play Toko.

Simak Juga : snaptiktok.

Instagram Reels

Salah satu anak perusahaan Facebook pada 2012, Instagram memang populer sebagai sosial media yang rawan dalam kata “trending”. Nach, selainnya mengupload photo, Instagram juga saat ini menjadi tempat untuk mengupload video, baik memiliki durasi panjang dan singkat. Dengan demikian, Instagram dapat mengadang supremasi TikTok.

Bukan Story, Instagram umumkan Reels, feature serupa TikTok pada Agustus 2020. Dengan Reels, kamu bisa membuat video berdurasi singkat memiliki durasi 15 detik diperlengkapi clip audio dan filter yang lain. Selainnya dibagi ke followers, video singkatmu bisa juga ada di kolom Explore (asal account tidak di-private).

Snapchat

Dirilis pada 2011 lalu, Snapchat dahulunya ialah “muka” service share video pendek dan photo internet. Reputasinya sempat melesat, bahkan juga di kelompok selebritas Hollywood. Tetapi, saat TikTok populer, ke-2 program ini juga harus share rekam jejak.

Tapi, Snapchat masih tetap berkaitan sampai sekarang ini dengan lebih dari 1 miliar unduh! Ide untuk Instagram Story, Snapchat-lah yang pertama tiba dengan Story, status berbentuk foto atau video yang hendak lenyap sepanjang 24 jam. Lebih dari itu, kamu bisa juga mengobrol dan share photo dengan rekan Snapchat-mu.

YouTube Shorts

Berdiri pada 2005, Google menyaksikan potensi YouTube dan membeli satu tahun setelah itu. Keputusan itu tidak salah karena YouTube berkembang menjadi salah satunya raksasa industri video streaming dunia. Tetapi, saat TikTok datang dengan terkenalnya pola video pendeknya, YouTube juga gentar.

Capek harus berubah-ubah video TikTok singkat? Banyak account YouTube yang meringkasnya jadi gabungan. Memiliki arti, YouTube tidak dapat buat video berdurasi singkat sendiri, donk? Oh, bukan “tidak dapat”, tapi “tidak dapat”.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA