by

7 Cara Memulai Bisnis Kecil yang Bisa Anda Terapkan

KOPI, Kediri – Memulai bisnis adalah salah satu pengalaman paling menarik dan bermanfaat yang dapat Anda miliki, tetapi bagaimana memulainya?

Ada banyak cara berbeda untuk memulai bisnis Anda sendiri, tetapi penting untuk mempertimbangkan ide bisnis Anda, berapa banyak waktu yang Anda miliki dan jumlah uang yang ingin Anda masukkan ke dalamnya sebelum membuat keputusan.

Sebagai salah satu universitas untuk entrepreneur terbaik di Indonesia, disini Universitas Podomoro membagikan beberapa tips memulai bisnis kecil yang bisa Anda pelajari. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini;

Munculkan Ide Bisnis Anda

Langkah pertama untuk memulai bisnis kecil datang dengan ide bisnis yang unggul. Idealnya, Anda akan mengembangkan usaha bisnis yang menarik minat Anda dan memenuhi kebutuhan di pasar.

Cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan mengidentifikasi masalah yang membuat Anda frustrasi. Apakah ada masalah yang terus-menerus Anda temui dan Anda berharap seseorang akan memecahkannya? Itu bisa menjadi usaha bisnis Anda berikutnya.

Lihatlah bisnis yang sudah ada di luar sana, dan tanyakan pada diri Anda bagaimana Anda dapat meningkatkan apa yang sudah mereka lakukan.

Putuskan Apa yang Akan Anda Jual

Banyak yang harus dilakukan untuk memulai bisnis, tetapi tempat pertama untuk memulai adalah mencari tahu apa yang Anda rencanakan untuk dijual. Keberhasilan Anda sebagai bisnis tergantung pada kemampuan Anda untuk menjual produk atau layanan kepada pelanggan Anda.

Buatlah daftar ide untuk produk atau layanan yang dapat Anda tawarkan.

Tulis Rencana Bisnis

Selanjutnya, Anda perlu menulis rencana bisnis. Rencana bisnis akan membantu Anda mendapatkan kejelasan saat Anda memulai, dan akan sangat membantu jika Anda memutuskan untuk mengajukan permohonan pembiayaan usaha kecil di masa depan.

Rencana bisnis akan berfokus pada tinjauan bisnis tingkat tinggi. Anda akan meringkas aspek terpenting dari bisnis Anda. Tetapi jika Anda mencari pendanaan, investor dapat meminta lebih banyak informasi.

Ini dapat membantu untuk bermitra dengan bisnis yang lebih mapan untuk membuat nama Anda di luar sana dan tu mbuh lebih cepat.

Buatlah Rekening Bank Khusus Bisnis

Setelah Anda mendirikan entitas bisnis, Anda harus menyiapkan rekening bank bisnis. Hal ini penting karena memisahkan keuangan pribadi Anda dari keuangan bisnis Anda.

Sebaiknya bermitra dengan bank lokal agar Anda dapat menjalin hubungan pribadi. Banyak orang menemukan bahwa bank yang lebih kecil lebih membantu dan mampu merespons dengan cepat jika terjadi masalah.

Siapkan Kantor Rumah

Jika Anda berencana untuk bekerja dari rumah, ada baiknya Anda menyiapkan kantor rumah. Ini bisa berupa ruangan kosong di rumah Anda atau hanya sudut khusus di kamar tidur Anda.

Tetapi jika Anda ingin memilih area yang akan memiliki tingkat privasi tertentu. Juga, perhatikan latar belakang, terutama jika Anda harus melakukan panggilan klien secara teratur.

Buatlah Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

Pemasaran sangat penting untuk membangun bisnis yang sukses, tetapi terlalu banyak pemilik bisnis yang melakukannya tanpa rencana. Kurangnya perencanaan ini sering membuat mereka menghabiskan banyak uang tanpa melihat hasil yang nyata.

Itulah mengapa penting untuk memulai dengan rencana pemasaran. Marketing plan akan menguraikan bagaimana Anda berencana untuk menyebarkan berita tentang bisnis baru Anda. 

Uji Ide Bisnis Anda

Sekarang saatnya untuk keluar dan menguji ide bisnis Anda, yang berarti Anda harus fokus untuk menghasilkan beberapa penjualan. Bagaimanapun, bisnis yang sukses diukur berdasarkan profitabilitas.

Tidak ada rencana yang sempurna untuk meluncurkan bisnis Anda, dan Anda mungkin menemukan banyak kesalahan langkah di awal. Ini dapat membantu untuk bermitra dengan bisnis yang lebih mapan untuk membuat nama Anda mudah dikenal di luar sana.

Terlepas dari strategi yang Anda terapkan, Anda harus siap untuk menyesuaikan saat Anda pergi. Yang penting adalah Anda menciptakan solusi yang relevan dan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA