by

Wabup Tanggamus Hadiri Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021

KOPI, Kotaagung Timur – Wakil Bupati Tanggamus H. AM. Syafi’i, menghadiri Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 bersama Kementerian Dalam Negeri, melalui virtual meeting, di Ruang Rapat Wakil Bupati, Senin (22/11/2021). Rapat dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, yang diikuti secara virtual Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta para Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Mendagri Tito Karnavian, dalam arahannya mengatakan di masa situasi pandemi ini, pihaknya memahami bahwa Pemerintah Daerah mengalami kontraksi pendapatan, sehingga tidak sesuai dengan harapan, atau mengalami penurunan realisasi pendapatan.

“Kalau kita melihat realisasi pendapatan, ini gabungan dari Pusat, transfer, maupun dari PAD, terjadi penurunan konsentrasinya. Di Tahun 2020, untuk pendapatan berada di atas 85,86 persen per 30 November 2020, kemudian data kita per tanggal 19 November 2021, pendapatan gabungan Provinsi dan Kabupaten/Kota sebesar 79,19 persen, jadi menurun secara persentase,” ungkap Mendagri.

Lanjut Tito, rapat digelar bertujuan untuk menyatukan langkah dan strategi percepatan Realisasi Penyerapan Anggaran Daerah TA 2021, guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah dan memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi Penyerapan Anggaran Daerah TA 2021 per 19 November 2021. Termasuk informasi beberapa Pemerintah Daerah yang realisasi pendapatannya rendah atau di bawah rata-rata.

Foto: Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021

Usai pelaksanaan rakor, Wabup AM. Syafi’i menyampaikan harapannya agar perangkat daerah dapat mengevaluasi kinerja terkait anggaran daerah.

“Semoga dengan penjelasan Kemendagri dan Kementerian Keuangan, kita bisa mengambil langkah-langkah apa lagi dalam menghadapi tahun 2022 nanti,” ujar Wabup.

Masih kata Wabup, “Kita juga mengantisipasi terhadap wabah pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi terjadi kontraksi dan kita juga melakukan upaya-upaya dalam pencegahan terutama melakukan percepatan vaksinasi,” tutup Wabup.

Turut hadir mendampingi Wabup, Inspektur Ernalia, Sekretaris Inspektorat Gustam Apriyansah, Kabid Akutansi BPKD Ria, serta perwakilan dari Bapelitbangda Tanggamus Pungkas. (Suwarno)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA