by

Wabup Patriana Dilantik Sebagai Ketua FASI Cabang Jembrana Periode 2021-2026

KOPI, Jembrana – Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna dilantik menjadi Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Cabang Jembrana periode 2021-2026. Pengukuhan dilakukan Ketua Umum FASI Bali sekaligus Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza Ranesa R.S.

Dalam acara pengukuhan tersebut, dirangkaikan dengan pelaksanaan Jembrana Air Show 2021- Drone dan Aeromodelling Competition, pertama kali digelar di Kabupaten Jembrana. Kompetisi digelar di Lapangan Poltek Kelautan dan Perikanan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Sabtu (7/11/2021).

Dalam acara tersebut, turut hadir Sekda Kabupaten Jembrana I Made Budiasa serta Kepala OPD Kabupaten Jembrana.

Usai dilantik, Wabup Patriana Krisna menyampaikan turut serta berbahagia dapat hadir di tengah segenap keluarga besar Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Cabang Jembrana.

Hal ini menurutnya, sebagai bentuk keterlibatan langsung pemerintah dalam mendorong dan membina langsung organisasi bidang Olahraga yang ada di Kabupaten Jembrana.

“Kita berupaya meningkatkan dan membina seluruh Cabang Olahraga, tingkatkan kreasi dan inovasi, kerja keras dan usaha untuk membuat terobosan dan perubahan, kami mendorong kolaborasi antara olahraga dan wisata terkhusus untuk olahraga dirgantara,” ujar Wabup Patriana Krisna.

Menurutnya, komitmen, konsisten dan konsekuen yang didukung oleh komunikasi yang efektif merupakan kata kunci untuk kesuksesan dalam menjalankan sebuah organisasi.

“Semoga dengan kehadiran FASI ini dapat menjadi tempat mencari dan mengembangkan bibit atlet yang berbakat di Kabupaten Jembrana, sehingga mampu menuai prestasi,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Lebih lanjut, Patriana Krisna menjelaskan bahwa, “Olahraga dirgantara (Aeromodeling) ini sudah ada sejak tahun 1945, menurutnya selama ini lebih banyak orang hanya mengenal RC (Remote Control) saja. Ke depannya ia ingin mengembangkan olahraga ini menjadi event tahunan di Kabupaten Jembrana,” jelasnya.

Dengan demikian, olahraga dirgantara yang paling baru itu, paramotor ini merupakan atraksi baru di Kabupaten Jembrana, serta memperkenalkan Kabupaten Jembrana lebih luas lagi.

“Sehingga harapan kita acara hari ini berlangsung dengan baik dan kalau hari ini bisa berlangsung dengan baik tentu akan jadi event tahunan, dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Udara Republik Indonesia yang memberikan support penuh sehingga kami di daerah lebih semangat lagi untuk bisa mengembangkan FASI di kabupaten Jembrana,” harap Wabup Patriana Krisna.

Dalam kesempatan tersebut, Ketum FASI Bali Kolonel Pnb Raza Ranesa Rasid Sastra Negara mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus FASI Cabang Jembrana masa bakti 2021-2026, semoga dapat menjalankan amanah yang telah di berikan dengan penuh tanggungjawab.

“Selamat dan sukses, semoga pengurus yang baru dilantik tadi dapat menjalankan amanah yang sudah diberikan dan bisa menjadikan motivasi yang kuat bagi seluruh pengurus dan para atlet untuk memajukan olahraga dirgantara di Kabupaten Jembrana,” ucap Ketum FASI Raza Ranesa Rasid.

Lebih lanjut, Kolonel Pnb Raza Ranesa Rasid Sastra Negara juga menyampaikan, FASI adalah organisasi milik kita bersama, bukan hanya milik pengurus tetapi milik masyarakat, semoga dengan adanya FASI ini dapat turut menunjang ekonomi dan pariwisata, serta sebagai momentum tolak ukur kemajuan dan perkembangan olahraga kedirgantaraan di Kabupaten Jembrana.

“Saya yakin bisa meningkatkan pariwisata Jembrana dan Bali pada umumnya, kemudian yang terpenting adalah terbentuknya pembinaan ini secara berkesinambungan, sehingga nanti akan ada generasi-generasi muda yang bisa menjadi atlet mewakili Provinsi Bali khususnya di kabupaten Jembrana baik Provinsi maupun tingkat Nasional. Selain itu, harapan kita atlit FASI dari Provinsi Bali dapat berprestasi di kancah Internasional, untuk mencapai hal tersebut maka Kabupaten Jembrana harus melatih atlit terus berkembang dalam olahraga dirgantara,” tandasnya.

Drone dan  Aeromodelling Competition ini tidak hanya melibatkan peserta dari Bali saja, tetapi juga datang dari luar Bali, seperti dari Tuban, Tulungagung dan Kediri.

Dalam perlombaan Aeromodeling dan Drone Race tersebut, menggunakan dua tahap yaitu kategori Electric dengan peserta 15 orang
dan kategori Engine pesertanya 9 orang. Keduanya Menggunakan round 1 hingga 3.

Sementara untuk kategori Drone Race diikuti sebanyak 15 peserta, masing-masing peserta mendapatkan waktu 6 menit, dapat dirinci 2 menit untuk prepare dan 4 menit untuk tampil. 

Dalam operasinya, setiap pilot dibantu oleh 1 asisten. Untuk juara pertama kategori Drone Race diraih Wier dari Gianyar Bali.

Kategori Engine Power Touch and Go diraih Dewa Suarnawa dari Buleleng. Sementara kategori Electric Power Touch and Go diraih Prstyotim dari Tulungagung Jatim. (AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA