by

Tips Menjadi Value Investor yang Sukses

KOPI, Jakarta – Ketika melihat orang lain sukses dengan investasi sahamnya, mungkinkah Anda juga tertatik untuk menjadi sepertinya? Investasi saham tidak akan membawa Anda kepada kesuksesan dalam waktu cepat. Semua ada proses dan tahapannya. Sebagai langkah awal yang baik, bagaimana jika kita simak tips menjadi value investor yang sukses berikut ini terlebih dahulu?

Penelitian kecil-kecilan broker hotforex menyebutkan data bahwa banyak orang mengeluh gagal dengan investasi. Tahukah Anda apa penyebabnya? Salah satu penyebab kegagalan itu datang dari Anda sendiri, lho! Minimnya pengetahuan tentang investasi, dan nafsu untuk mendapat keuntungan dalam waktu singkat adalah faktor terbesar.

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah membeli saham pada saat harga sedang turun. Dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan besar nantinya. Cara ini tentunya bukan hal yang bijak.

Membeli saham ketika sedang anjlok terlalu beresiko, dan bisa menyebabkan cut loss. Jika sudah begini, jangan harap akan untung, Anda hanya akan merugi. Sebagai pemula penting sekali memperkaya diri dengan ilmu seputar investasi.

Salah satu ilmu tersebut adalah bagaimana menjadi value investor yang memiliki daftar rencana atau value investing dengan baik. Berikut adalah beberapa strategi value investing yang bisa Anda terapkan untuk menjadi investor yang fokus pada nilai.

1. Pilih Metode Analisa yang Tepat

Menjadi value investor menuntut Anda memiliki kemampuan dalam analisa. Value investing sendiri punya beragam metode dalam analisa saham. Salah satu metode tersebut adalah Top-Down Analysis.

Metode ini adalah jenis analisa yang sifatnya menyeluruh. Metode kedua adalah analisa bottom-up. Ini merupakan kebalikan dari metode pertama. Bottom-up merupakan analisa yang dimulai dari sesuatu yang sifatnya khusus. Seperti kondisi fundamental perusahaan. Kedua metode ini sama baik.

2. Fokus dengan Sketor yang Menjadi Trending

Cara kedua untuk menjadi value investor adalah mengatur fokus terhadap saham yang sedang trending saja.

3. Lakukan Screening Fundamental

Setelah menemukan emiten saham yang trending, jangan gegabah untuk melakukan transaksi pembelian. Anda perlu melakukan screening fundamental terhadap perusahaan sekuritas yang jadi incaran.

Screening fundamental bertujuan untuk memantau dan memprediksi bagaimana masa depan investasi Anda nantinya.

Selain tiga metode value investing tadi, masih ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi value investor. Apapun itu, yang terpenting adalah bagaimana Anda tahu tujuan dari investasi, dan mencoba melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tersebut. Tentunya dengan cara-cara yang aman dan tidak gegabah ya! (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA