by

Trik Membuka Usaha Bakso Bakar yang Menguntungkan

-Berita-212 views

Bakso bakar menjadi satu diantara makanan favorite orang Indonesia, dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orangtua. Tidak dapat dipungkiri karena cita-rasanya memang nikmat, apa lagi jika dikonsumsi pada kondisi hangat, ditambahkan sambal.

Selainnya bakso kuah, satu olahan bakso yang banyak ditawarkan di pasar ialah bakso bakar. Menyaksikan jumlahnya fans bakso, lumrah saja jika olahan makanan yang ini pantas jadi kesempatan usaha. Supaya hasilnya memberikan keuntungan, berikut sejumlah trick buka usaha bakso bakar yang dapat dipraktikkan. Berikut trick Buka Usaha Bakso Bakar yang Menguntungkan

Buat bakso sendiri

Apapun jenis usaha makanannya, sebaiknya dibikin sendiri untuk mengirit pengeluaran. Disamping itu, kamu bebas tentukan jatah daging yang ingin dipertambah saat membuat bakso untuk menjaga cita-rasa dan kualitas yang sama sesuai menurut versimu.

Beberapa bahan yang diperlukan cukuplah sederhana, yakni daging ayam giling, tepung tapioka, bawang merah, dan bumbu penyedap yang lain. Kemudian, wujud bakso jadi bundar sama ukuran sesuai dengan selera. Kamu dapat membuat bakso yang bervariatif supaya customer dapat pilih. Dapat berbentuk bakso bundar biasa atau bakso tahu.

Tentukan lokasi berjualan

Selanjutnya adalah tentukan lokasi jualan. Apa kamu ingin jualan di pasar, sekolahan, atau di warung khusus tempat makanan berjejer. Penyeleksian lokasi jualan benar-benar punya pengaruh pada pengadaan modal, lho!

Oleh karena itu, kamu harus pilih lokasi yang pas sama sesuai modal. Bila modalnya kurang, ucapkanlah Rp 1 juta, karena itu jualan di pasar atau sekolah sangat tepat. Kamu tak perlu sewa tempat khusus jualan. Namun, pangsa pasarnya semakin sedikit karena waktu bertandang customer yang terbatas. Sebutlah saja pasar yang cuman ramai pada pagi hari. Itu maknanya kamu harus bisa lebih cepat segera berjualan supaya tidak kehilangan konsumen.

Pastikan peralatan memadai

Dari sisi perlengkapan sebetulnya cukuplah sederhana, apa lagi jika lokasi berjualannya di sekolah atau pasar. Kamu hanya perlu perlengkapan untuk membakar, saos, sendok sayur, tabung gas, tusuk lidi, plastik, dan yang jangan lupa sepeda motor.

Perlengkapan yang diperlukan tentu saja berlainan jika kamu membuka warung bakso bakar sendiri. Kamu perlu bangku, sendok, piring, dan garpu. Beli perlengkapan untuk jualan kemungkinan kuras modal. Untungnya, perlengkapan itu bisa dipakai berkali-kali, sehingga kamu tak perlu bolak-balik membeli. Pembelian cuman dilaksanakan saat salah satunya perlengkapannya hancur.

Simak Juga : Jurusan entrepreneur.

Gunakan promosi yang tepat

Meskipun banyak disukai, tidak berarti usaha bakso bakar tak perlu dipropagandakan. Promo masih tetap penting pada suatu usaha supaya makin dikenali oleh beberapa orang. Dengan dikenalinya usahamu, konsumen yang tiba makin banyak.

Cukup hanya memasangkan brosur di lokasi jualan supaya warga tahu mengenai makanan yang kamu jajakan. Bikinlah brosur sangat menarik untuk munculkan rasa ingin tahu warga. Sampai pada akhirannya warga memilih untuk membeli.

Harga yang bersaing

Bakso sebagai salah satunya bahan makanan yang cukup dapat dijangkau, terkecuali bakso sapi karena harga dagingnya lebih mahal dibanding ayam. Sehubungan karena bakso bakar dibuat dari ayam, sebaiknya supaya nilai jualnya mencapai semua kantong warga.

Misalkan, 1 tusuk dipandang Rp2 ribu. Bila belinya per jatah, seperti 10 tusuk di dalam 1 jatah, harga dapat dibuatkan jadi Rp18 ribu – Rp20 ribu. Kamu tak perlu takut rugi karena di dalam 1 tusuk ini sendiri hanya terbagi dalam 4-5 bakso bundar saja. Bila harga terlampau mahal, yang ada warga justru takut untuk mencicip bakso dagangan. Apa lagi bakso bakar ini hanya sebagai cemilan, bukan lauk pauk.

Buat bumbu yang berbeda

Cita rasa bakso bakar umumnya menjadi satu diantara hal yang selalu membekas di daya ingat konsumen. Yakinkan cita-rasa punyamu unik, jadi bakso bakar bikinanmu tidak dipandang biasa-biasa saja. Kamu dapat bermain di bumbu bakso bakar tersebut. Misalkan, saucenya dibikin sendiri atau bawang gorengnya dibikin lebih gurih. Pokoknya, harus ada factor yang membandingkan bakso bakar dengan punya seseorang. Janganlah lupa untuk menjaga cita-rasa supaya seorang yang semula hanya main-main beli menjadi konsumen setia setiamu.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA