by

Tips Memilih Konsultan Indonesia yang Baik

KOPI, Surabaya – Di dunia usaha, pengacara pajak bisnis adalah suatu pekerjaan yang kerap dicari oleh kalang pelaku usaha baik pemula maupun perusahaan besar, umumnya konsultan usaha dipekerjakan untuk membantu mereka menjalankan bisnisnya semakin berkembang dan maju.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Konsultan ialah ahli yang bertugasnya memberikan panduan, pemikiran atau saran pada suatu kegiatan (penelitian, dagang, dan lain-lain). Maka secara harfiahnya, konsultan usaha ialah seseorang yang ahli bertugas memberikan panduan, pemikiran, rekomendasi terhadap suatu bisnis.

Namun dalam memilih dan menentukan konsultan bisnis harus cermat dan tepat sesuai bisnis atau perusahaan Anda. Berikut tips memilih konsultan usaha yang baik agar membantu kebutuhan usaha Anda.

1. Periksa Latar belakang Konsultan Usaha

Hal pertama saat menentukan konsultan usaha seharusnya Anda memeriksa background dari calon konsultan. Cari tahu terkait perusahaan konsultan usaha tersebut. Apakah tercatat secara legal, hal ini untuk menjamin konsultan tersebut terpercaya dan legal . Sehingga Anda merasa Aman.

2. Ketahui Peran dan Pekerjaan dari Konsultan Usaha

Saat sebelum Anda memilih untuk memakai konsultan usaha, seharusnya Anda lebih dulu pahami apa peran dan pekerjaan dari konsultan. Hal ini penting karena agar memahami langkah kerja dari konsultan usaha disamping itu memudahkan berbicara.

Anda tahu apa yang harus dikatakan mengenai permasalahan Anda. Selanjutnya Anda memahami bagaimana konsultan usaha membantu Anda . Sehingga proses pengerjaan permasalahan jadi cepat.

3. Kompetensi dan Pengalaman

Kompetenis dan Pengalaman ialah parameter dalam menentukan konsultan usaha. Dengan mempunyai kompetensi dan pengalaman tentu saja konsultan usaha mempunyai jam terbang yang tinggi dalam menangai persoalan client.

4. Harga dan Layanan

Yang paling akhir ialah harga dan layanan. Anda dapat memeriksa harga konsultan usaha berikan apa lumrah dengan kompetenis, pengalaman dan pelayanan. Tidak disangkal untuk membayar seorang konsultan usaha memerlukan ongkos yang besar tapi Anda dapat menegosisasikan biaya yang dijajakan supaya sesuai dana yang Anda punyai.

Penutup

Dari ke-4 langkah di atas mudah-mudahan menjadi referensi dalam menentukan dan memilih jasa konsultan pajak usaha yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat!.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA