by

Tips Membeli Mobil Baru di Dealer untuk Pemula

KOPI, Kediri – Meskipun mobil telah menjadi sangat diperlukan bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang tinggal di kota metropolitan, hanya sedikit yang memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara membelinya. Namun, fakta ini tidak menghalangi orang untuk membeli mobil.

Banyak perusahaan, baik nasional maupun global, telah meningkatkan operasi dan produktivitas dengan cepat. Pada saat itu, konsumen sering menghadapi kebingungan ketika mencoba menemukan kendaraan yang sempurna.

6 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Baru

Di bawah ini adalah beberapa tips otomotif dalam membeli mobil baru yang sangat mempengaruhi apakah Anda mendapatkan kendaraan impian atau bahkan sebaliknya.

1. Pilih Mobil Berdasarkan Tujuan Anda Membelinya

Seorang pembeli mobil dapat memiliki beberapa alasan untuk membeli kendaraan tersebut.

  • Beberapa mungkin memerlukan kendaraan untuk bepergian yang memungkinkan mereka berkendara ke tempat kerja setiap hari.
  • Orang lain mungkin mencari mobil keluarga yang memungkinkan semua anggota keluarga bepergian bersama dengan mudah.

Ketika Anda menentukan karakteristik signifikan dari mobil sempurna Anda, memilih kendaraan menjadi lebih sederhana. Misalnya, jika penyimpanan adalah prioritas, lihat saja kendaraan yang menawarkan ruang yang cukup dan bukan yang datang dengan kapasitas boot yang lebih kecil. 

2. Mulai Meneliti

Setelah Anda mengetahui fitur apa yang Anda inginkan, meneliti adalah langkah integral berikutnya dalam menentukan mobil ideal Anda.

  • Cari kendaraan dari berbagai merek yang memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan SUV, carilah perusahaan terkenal yang memproduksi mobil dalam kategori tersebut. Tentukan sekitar lima atau enam pilihan potensial secara online.
  • Selain memahami fitur-fitur apa saja yang ada di dalam mobil, nilailah kekurangan dari masing-masing kendaraan.
  • Tuliskan pro dan kontra dari setiap model untuk merampingkan proses.
  • Jangan lupa untuk membaca ulasan pengguna untuk mobil secara online. Mereka dapat menjadi indikator yang berguna apakah kendaraan berkinerja seperti yang diiklankan.

Jangan terburu-buru dengan bagian penelitian ini. Luangkan waktu yang cukup untuk memahami seluk-beluk mobil.

3. Tentukan Total Biaya On-Road Mobil

Ketika penelitian Anda selesai, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menilai kebutuhan anggaran untuk membeli kendaraan yang cocok untuk Anda.

Sebagian besar situs web mencantumkan harga on-road untuk kendaraan. Harga ini termasuk daftar biaya yang ekstensif, termasuk –

  • Pembayaran pajak jalan seumur hidup,
  • Biaya asuransi wajib,
  • Biaya pendaftaran negara, dan
  • Biaya penanganan dealer.

Namun, ini tidak mencerminkan biaya sebenarnya dari kendaraan. Anda juga harus memperhitungkan pengeluaran tambahan, termasuk biaya perawatan.

Mobil kelas atas yang lebih mahal memiliki biaya perawatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih sesuai dengan daya beli Anda.

Jangan merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli mobil, karena merawatnya bisa membuat keuangan Anda kering. Sebaliknya, pilihlah kendaraan yang mampu Anda kelola selama lima hingga sepuluh tahun setelah pembelian.

4. Kunjungi Dealer dan Minta Test Drive

Riset online baik dan bagus, tetapi untuk memahami nilai sebenarnya dari sebuah kendaraan, Anda perlu mendekati dealer yang menjual model tertentu. Bicaralah dengan staf penjualan di sana untuk menilai apakah model pilihan Anda memberikan performa on-road yang mengesankan.

Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan test drive. Fokus pada bagaimana mobil beroperasi, bersama dengan kapasitas remnya. Sebagai pengemudi, Anda akan memahami apakah kendaraan tertentu sesuai dengan kebutuhan dan gaya mengemudi Anda selama test drive tersebut.

Aspek lain yang harus Anda periksa adalah kinerja mesin selama test drive. Tanpa fungsi yang tepat di mesin, fitur lain dari kendaraan tidak akan cukup untuk mengimbanginya.

5. Periksa Diskon dan Penawaran yang Tersedia Selama Festival atau Penjualan Spesial

Selama festival dan kegiatan promosi tertentu di bawah perusahaan, pembeli dapat menerima diskon menarik untuk mobil. Setelah Anda memilih mobil, tanyakan tentang diskon yang tersedia untuk harganya. Jika dealer tidak mau mengungkapkan informasi yang terkait dengan diskon tersebut, Anda dapat mencari yang sama secara online.

Di India, Diwali adalah waktu utama di mana sebagian besar perusahaan menawarkan diskon dan penawaran untuk berbagai model mobil.

Salah satu tips terbaik untuk membeli mobil baru – memanfaatkan penawaran dan diskon, dalam beberapa kasus, akan mendapatkan potongan harga yang menarik. 

Apa yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Mobil Baru dari Dealer?

Anda tidak perlu menjadi seorang penggila mobil untuk membedakan antara mobil yang layak dan yang brilian. Yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan dengan seksama saat berada di dealer.

Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan dari dealer mobil Anda, berikut adalah beberapa faktor yang harus diperhatikan –

1. Cari Aksesoris Mobil Gratis

Beberapa dealer mobil menawarkan beberapa aksesori yang diperlukan untuk pembelian kendaraan Anda, benar-benar gratis. Jadi, untuk memaksimalkan keuntungan Anda dari dealer mobil, lihat apakah mereka menawarkan aksesori mobil secara gratis. Beberapa aksesori yang harus dicari termasuk –  

  • Keset lantai dan sarung jok.
  • Pengisi daya baterai.
  • Roda paduan.
  • Plat nomor.
  • Mendongkrak.
  • Perangkat.
2. Periksa Apakah Anda dapat Menegosiasikan Harga

Sementara dealer mobil ingin memaksimalkan keuntungan mereka dari penjualan mobil, Anda dapat menegosiasikan harga kendaraan yang dapat Anda beli. Baca syarat dan ketentuan pembelian dan cari tambahan biaya yang dapat Anda hilangkan. Misalnya, Anda dapat memilih untuk membeli mobil tanpa aksesori yang tidak perlu.

Pastikan juga Anda menggunakan kekuatan tawar-menawar Anda dan Anda dapat menghemat banyak uang dengan menurunkan nilai jual kendaraan Anda.

3. Periksa Opsi Pembiayaan yang Mudah

Periksa apakah dealer menawarkan opsi pembiayaan yang mudah. Misalnya, Anda mungkin ingin membeli mobil di EMI atau melalui pinjaman mobil. Pastikan dealer Anda menawarkan opsi di mana Anda ingin melakukan pembelian sesuai kenyamanan Anda.

4. Cari Garansi

Periksa apakah dealer Anda menawarkan garansi untuk gerobak mobil yang berbeda. Verifikasi apakah garansi untuk kendaraan pilihan Anda tergantung pada usia mobil atau jumlah kilometer yang ditempuhnya. Ini

 Beberapa produsen mobil juga menyertakan servis gratis untuk beberapa kali pertama. Tanyakan tentang ketersediaan syarat dan ketentuan servis gratis tersebut di dealer sebelum membeli mobil.

5. Cari Penawaran Pemeliharaan Tahunan

Biaya perawatan untuk mobil bisa sangat besar jika Anda menggunakan kendaraan Anda setiap hari. Ada beberapa dealer yang menawarkan fasilitas perawatan tahunan gratis untuk pembelian mobil. Anda dapat menghemat sebagian besar anggaran Anda jika Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini dari dealer Anda. Jadi pastikan Anda meneliti dan menemukan dealer yang cocok.

Selalu jadi pembeli yang cerdas. Jangan mengambil informasi mobil pada nilai nominal. Verifikasi semua yang Anda pelajari dengan referensi silang review online tentang kendaraan.

Jika Anda memperhatikan tips membeli mobil baru dari dealer ini, membeli kendaraan pilihan Anda akan menjadi lebih mudah. (*)