by

Sejarah Gunung Bromo yang Melegenda

KOPI, Malang – Pada mulanya kawasan Gunung Bromo masih terselimuti oleh kabut putih yang lebat. Konon katanya tempat ini menjadi tempat persemayaman para dewa dan dewi. Sejarah Gunung Bromo selalu menjadi pembahasan yang menarik untuk diperbincangkan.

Banyak sekali cerita-cerita menarik yang berasal dari Gunung bromo dan masyarakat setempat pun menceritakannya dari mulut ke mulut. Dan sekarang cerita itu akan sampai kepada Anda. 

Cerita Menarik yang Menjadi Bagian dari Sejarah Gunung Bromo

Cerita tentang sejarah Gunung Bromo memiliki dua orang pemeran utama. Pemeran pertama ada Roro Anteng yang merupakan gadis cantik nan elok. Dan Pemeran keduanya adalah Joko Seger yang merupakan pemuda tampan titisan dewa.

Seperti kisah legenda pada umumnya, kisah Roro Anteng dan Joko Tengger ini juga bernuansa mistis khas budaya Jawa. Berikut ini adalah beberapa kisah mengenai keduanya yang hidup di kawasan Gunung Bromo.

1. Lamaran dari Pembajak Sakti

Di dalam kisah sejarah Gunung Bromo, kisah cinta Roro Anteng dan Joko Tengger tidak serta merta mulus tanpa hambatan. Hambatan pertama datang dari pembajak sakti yang tertarik untuk menjadikan Roro Anteng istri. Dan Roro Anteng meminta sebuah lautan di tengah Gunung Bromo sebagai syaratnya.

Roro Anteng tentu saja bermaksud menjadikan alasan tersebut sebagai bentuk penolakan halus. Namun sayangnya, pembajak sakti menyanggupi dan membuat Roro Anteng terpaksa memutar otaknya untuk menggagalkan usaha sang pembajak sakti.

2. Kisah Kebersamaan Joko Seger dan Roro Anteng

Kisah putra putri Gunung Bromo kembali terjalin. Akhirnya Roro Anteng dan Joko Tengger membangun kehidupan rumah tangga mereka. Namun sayangnya, kebahagiaan kurang lengkap karena Roro Anteng tidak mendapatkan keturunan.

Berkat bantuan Dewa Roro Anteng mendapatkan karunia 25 orang anak. Dan sebagai gantinya, anak bungsu harus dikorbankan. Tentu Roro Anteng tidak bisa menepati janjinya yang mana membuat Dewa murka dan Gunung Bromo melahap semua anak Roro Anteng.

Itulah dua kisah dari sekian banyaknya sejarah Gunung Bromo. Kisah ini sudah pasti bukan kisah yang asing, bukan? Anda pasti sudah mendengarnya sekali atau dua kali sebelumnya. Yuk jelajahi wisata Bromo dengan sewa jeep Bromo Malang. Jika sudah ke sana, pasti ingin balik lagi.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA