by

Peran Keluarga Penting bagi Pendidikan Karakter Anak

KOPI, Jakarta – Berbagai kenakalan anak usia sekolah sering terdengar dan terlihat di berbagai media. Tawuran antar anak menjadi pemandangan lumrah yang mepertontonkan kebobrokan karakter anak-anak yang melakukannya.

Tidak hanya tawuran, hal lain yang meresahkan masyarakat adalah geng-geng anak muda yang mengganggu ketertiban umum. Belum lagi kenakalan yang dilakukan secara individu, merokok, minum-minuman berakohol, pergaulan bebas dan berbagai kenalan anak usia sekolah lainnya.

Pendidikan karakter tidak cukup hanya diajarkan di Sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum di setiap satuan Pendidikan. Sehebat apapun rumusan kurikulum mengenai Pendidikan karakter maka hal itu tidak akan berdampak signifikan terhadap pembentukan karakter anak didik.

Peran keluarga dan teladan dari orang-orang di sekitar anak-anak berada itu sangat mempengaruhi perkembangan dan pembentukan karakter anak. Pada umumnya kenakalan anak disebabkan oleh kurangnya peran dan teladan orang tua di mana anak itu berada.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA