by

4 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Selama Masa Pandemi

KOPI, Jakarta – Bicara mengenai imbas wabah di dunia kerja dan professional, pasti sama dengan beberapa hal seperti menyusutnya pendapatan serta berlangsungnya kehilangan pendapatan.

Kenyataannya, pada awal tahun 2020 saat wabah menyebar, beberapa orang yang kehilangan kerjanya dan ada juga yang alami pemangkasan penghasilan. Rintangan yang ditemui oleh itu ajak kita untuk jadi lebih arif dalam mengurus keuangan alias hemat.

Sebetulnya ada cara-cara untuk pastikan keadaan keuangan tidak terusik karena imbas dari wabah. Satu diantaranya ialah cari penghasilan tambahan dan usaha agar semakin cermat dalam menyaksikan kesempatan.

Plus tambahan penghasilan bulanan, karena itu kita dapat mendapatkan surplus cash flow bersih yang dapat dipakai untuk menabung atau investasi. Nilai cash flow bersih didapatkan hasil dari beda keseluruhan penghasilan bulanan dan pengeluaran. Jumlah cash flow bersih bagus yang seharusnya dipunyai tiap orang ialah sama dengan 10% dari keseluruhan penghasilan /bulan, semakin besar pasti lebih bagus . Maka, bila kamu mempunyai pendapatan Rp 10 juta, karena itu jumlah minimum cash flow bersih yang dapat kamu punyai ialah Rp 1 juta.

Jika cash flow bersih minus (defisit), hal tersebut mengisyaratkan kamu mempunyai pengeluaran yang semakin besar dari penghasilan. Akhirnya, kamu harus ambil dana dari keseluruhan asset lancar (tabungan, kas, dan sama dengan kas) untuk penuhi keperluan atau berutang bila memanglah tidak mempunyai cadangan dana.

Ada dua langkah untuk memitigasi permasalahan minus cash flow, yakni kurangi pengeluaran dan cari sumber penghasilan lain. Berbicara masalah menambahkan penghasilan di periode wabah, Binar mempunyai empat langkah memperoleh pendapatan tambahan yang dapat kamu coba lho! Baca secara lengkap yaa.

Mencari tugas sambilan

Kerja sambilan sebagai salah satunya langkah efisien untuk menambahkan jumlah penghasilan /bulan kamu lho, Binarian. Namun sumber pendapatan yang didapatkan dari kerja sambilan terhitung ke kelompok pendapatan aktif atau yang hendak memerlukan waktu, pemikiran, dan tenaga.

Ada bermacam opsi tugas sambilan yang biasa dicoba oleh beberapa orang, salah satunya ialah jadi driver online, pengantar pengantar barang, atau jadi karyawan separuh waktu (part-time dan freelance) dalam suatu perusahaan lain.

Walau beberapa opsi itu dijadikan tugas sambilan, tetapi ada resiko dari tugas sambilan itu. Di mana resiko yang kemungkinan kamu peroleh salah satunya akan jadi lebih lemas karena harus kuras semakin banyak tenaga, berasa lebih capek secara psikis, sampai permasalahan fisik dan psikis yang lain.

Saat lakukan tugas sambilan kamu kemungkinan hadapi beberapa hal kurang membahagiakan seperti ketertinggalan pembayaran dari faksi client, rasa kuatir akan perform tugas, dan sebagainya.

Oleh karenanya, jika kamu memilih untuk ambil sebuah tugas sambilan, janganlah lupa untuk selalu mempertahankan kesehatan fisik ya! Dan sedapat mungkin bikinlah management saat yang realitas dan masih tetap menimbang work-life balance mu.

Mengawali usaha skala kecil

‍Langkah memperoleh pendapatan tambahan yang ke-2 dengan coba membuat usaha mu sendiri. Tahukah kamu bahwasanya banyak karyawan kantoran yang mempunyai usaha sambilan yang diperkembangkan dan pendapatan yang didapat sering semakin besar dari penghasilan khusus pekerjaannya?

Kamu sudah pasti bisa juga semacam itu, Binarian! Tidak perlu mengawali usaha besar bermodal yang banyak, kamu dapat mengawali dengan buka usaha sambilan skala kecil semacam jadi reseller atau dropshipper.

Yang harus diingat saat akan mengawali sebuah usaha ialah kemauan yang kuat dan ketekunan untuk jalaninya. Janganlah sampai kamu stop di tengah atau bahkan juga stop saat modal yang telah dikeluarkan belum kembali.

Kerjakan penelitian secara dalam berkaitan apa yang penting kamu siapkan saat akan mengawali sebuah usaha. Dimulai dari langkah pembukuan, langkah pendataan stock barang, dan sebagainya.

Melakukan investasi di instrument penghasilan rutin

Kamu tentu pernah dengar bahwasanya untuk memperoleh pendapatan pasif, langkah terbaik dengan lakukan investasi.

Nach, kamu dapat mengawali lakukan investasi dengan melakukan investasi pada tipe investasi reksadana dan deposito. Kamu akan memperoleh imbal hasil tiap bulannya dari beberapa uang yang sudah kamu investasikan.

Yang penting dicatat, kecil besarnya imbal hasil itu ditetapkan oleh jumlah modal yang kamu investasikan. Dan tipe investasi opsi mu punya pengaruh ya, Binarian!

Bila kamu sudah putuskan akan lakukan investasi, hal yang lain yang harus diingat ialah yakinkan uang yang dipakai untuk melakukan investasi ialah uang ‘dingin’ atau uang yang tidak untuk dipakai pada keperluan setiap hari. Kamu harus juga mempunyai asset lancar seperti tabungan dan kas yang sama dengan 15-20% kekayaan bersih.

Lakukan trading saham

‍Trading saham berbeda dengan investasi saham. Trader akan menyaksikan sebuah saham seperti komoditas yang harga turun naik dan manfaatkan peristiwa itu untuk lakukan transaksi bisnis periode pendek.

Keuntungan trading saham periode pendek pasti dapat menolong sehatkan cash flow bersih kita, tetapi di lain sisi resikonya juga tinggi. Karena, volatilitas harga saham dalam periode pendek lumayan tinggi dan tidak bisa diterka.

Tidak cuma modal yang perlu kamu persiapkan untuk menjadi trader, tetapi psikis dan pengalaman. Seorang yang belum mengenali saham secara baik pasti tidak dianjurkan lakukan ini.

Untuk kamu yang ingin coba ini, kuasailah pengetahuan analitis teknikal secara baik. Secara simpel, analitis teknikal ialah tehnis analitis yang diperuntukkan untuk memperhatikan pola-pola seperti data pasar, harga saham, dan volume transaksi bisnis saham.

Tetapkan juga sasaran keuntungan dan setop loss dan persiapkan waktu untuk mengawasi monitor sepanjang jam perdagangan berjalan.

Itu ia cara-cara memperoleh pendapatan tambahan selama saat wabah yang dapat kamu coba kerjakan untuk menambahkan sumber penghasilan bulanan, Binarian!

Untuk dapat memperoleh penghasilan tambahan tentu saja memerlukan usaha lebih dan ada resiko didalamnya. Oleh karenanya, kenalilah ketrampilan apa yang dapat kamu optimalkan dari diri kamu dan bagaimana profile resiko investasi mu jika ingin mengawali coba melakukan investasi.

Dan yang tidak kalah penting, kamu harus juga tahu ke mana larinya pengeluaran bulanan mu! Sebab bisa jadi cukup dengan kurangi pengeluaran mu yang kurang penting, kamu bisa mempunyai nilai cash flow bersih yang lebih bagus hingga tidak perlu lakukan tugas sambilan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA