by

Mengenal Padi Inpari Nutri Zinc Yang Kaya Manfaat & Diyakini Efektif Cegah Stunting

KOPI, Kediri – Saat ini pemerintah melalui kementeriian pertanian sedang menggalakkan penanaman padi variates unggul baru dengan keunggulan khusus yakni tinggi akan mineral Zinc (Zn) / seng.

Variates padi ini merupakan hasil biofirtifikasi yang dilakukan oleh BB BBPADI – Kementan RI, yang berkolaborasi dengan IRRI & Harvest Plus.

Menurut deskripsi resmi yang keluarkan oleh pihak Kementan beras dari variates unggul ini memiliki kadar amilosa 16,6% dan potensi kandungan Zinc 34,51 ppm.

Inpari IR Nutri Zinc ini merupakan hasil terobosan pemuliaan tanaman padi untuk menyediakan pangan dengan kandungan gizi tertentu, yaitu Zinc.

Fungsi Zinc terbilang sangat vital bagi kelangsungan hidup sel-sel tubuh manusia. Zinc atau Zn merupakan komponen pembentuk lebih dari 300 enzim yang berfungsi antara lain untuk penyembuhan luka, menjaga kesuburan, sintesa protein, meningkatkan daya tahan tubuh, dan berbagai fungsi terkait kesehatan tubuh.

Salah satu efek negatif dari kekurangan Zinc adalah dapat menyebabkan stunting.

Tidak heran jika variates padi biofortifikasi ini sangat direkomendasikan guna membantu peningkatan nilai gizi sekaligus mengatasi kekurangan nutrisi Zn di masyarakat dan diyakini akan mengurangi angka prevalensi stunting anak di tanah air.

Kabar baiknya, saat ini padi tersebut telah berhasil ditanami secara organik, 100% alami, ramah lingkungan dan berkelanjutan tanpa pestisida dan bahan kimia lainnya oleh kelompok tani di daerah Yogyakarta dan telah meluncur ke pasaran.

Inovasi kelompok tani dari daerah Yogyakarta ini patut diapresiasi. Karena berdasarkan pengakuan sejumlah kelompok tani dibeberapa daerah lainnya, hasil panen beras nutri zinc mereka justru dijual dan dicampur dengan beras biasa dengan harga yang murah.

Beras Inpari Nutri Zinc Organik dari kelompok tani ini terbilang masih langka, dan patut diakui sebagai beras kesehatan mengingat kandungan mineral seng nya yang tinggi, dan manfaat nya yang begitu essensial bagi tubuh.

Beras nutri zinc merupakan yang berasal dari padi biofortifikasi dengan kandungan Zinc (Zn) paling tinggi dibandingkan variates lain.

Berbagai penelitian dan ahli menyebut, kandungan mineral seng / Zinc  sangat bermanfaat untuk membantu optimalkan tumbuh kembang anak (tinngi & berat badan), mengoptimalkan kecerdasan anak, meningkatkan sistem imun / kekebalan tubuh, menjaga kehamilan, mencegah stunting anak, dan mengontrol diabetes.

Zinc sendiri merupakan nutrisi mineral yang essensial bagi tubuh, sangat penting dan dibutuhkan oleh balita, ibu hamil, busui, anak-anak, remaja putri, penderita diabetes, hingga laki-laki dewasa. Mineral zinc tidak bisa di simpan dan diproduksi sendiri oleh tubuh.

Beberapa manfaat penting nutrisi Zn untuk kesehatan antara lain: memantu optimalkan tumbuh kembang anak (tinggi & berat badan).

Kemudian dapat membantu daya tahan (imun) tubuh, membantu perkembangan kognitif, motorik & psikososial anak dan menjaga kehamilan bagi ibu hamil.

Mineral ini juga dapat mengontrol diabetes, mengatasi diare, bantu kurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Berikut beberapa pendapat ahli mengenai mineral Zinc

“Zinc itu sangat penting bagi ibu hamil karena berperan dalam perkembangan janin. Kekurangan zinc bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, bayi lahir cacat, bayi tidak berkembang dalam janin, hingga bayi lahir dengan berat badan rendah. ” dr Dwiana Ocviyanti, SpOG via Detik Health.

“Zinc mrupakan salah satu zat gizi mikro yang paling dibutuhkan untuk mencegah virus berkembang biak di dalam tubuh. Zinc ini pertahanan yang penting sekali supaya virus nggak berkembang biak,” dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK via Suara.com

Nutrisi Zinc juga tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Tidak bisa disimpan oleh tubuh, hal ini berbeda dengan vitamin D misalnya yang bisa disimpan untuk waktu tertentu dalam tubuh (Zinc tidak bisa), jadi perlu asupan setiap hari.

Semua zinc yang kita peroleh dari makanan langsung digunakan untuk bermacam-macam proses kimia dalam tubuh. Sumbernya terbatas. Diseluruh dunia ada kira-kira 2 miliyar orang kekurangan mineral zinc.

Sementara itu, padi variates unggu Inpari Nutri Zinc yang telah diluncurkan oleh pemerintah jika dibudidayakan secara organik terbukti memiliki banyak kunggulan tambahan diantara : Tinggi kandungan Zinc (Zn), nasi pulen, enak, & tidak mudah basi serta diyakini kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski mineral ZINC bukan obat penyembuh segala penyakit, tetapi ZINC bisa dijadikan terali untuk membantu mengoptimalkan kinerja tubuh manusia. Kita berharap dengan kehadiran beras kaya nutrisi zinc tersebut, kesehatan anak, dan masyarakat secara umum akan meningkat.

Salam Sehat