by

Mengenal Jenis Baut Yang Paling Umum Digunakan

-Berita-1,510 views

KOPI, Kediri – Baut adalah salah satu jenis pengencang yang paling banyak digunakan di dunia, menemukan kegunaannya di berbagai industri, mulai dari konstruksi hingga otomotif, manufaktur hingga energi terbarukan.

Menurut definisi, baut adalah pengikat yang terdiri dari kepala di satu ujung, poros berulir di tengah, dan talang (tepi agak miring yang membantu memasukkan baut ke dalam mur) di ujung lainnya.

Sementara istilah “baut” dan “sekrup” sering digunakan secara bergantian, perbedaan utama antara keduanya secara umum adalah bahwa baut melewati substrat dan ditangkap di sisi lain oleh mur, sementara sekrup diulir langsung ke substrat.

Melansir Fastindo Jaya Abadi Berikut adalah jenis baut yang paling umum digunakan dan cara penggunaannya:

Baut Jangkar
Baut jangkar umumnya digunakan pada beton atau pasangan bata untuk aplikasi struktural. Ada banyak jangkar khusus yang dapat digunakan pada beton retak sesuai dengan persetujuan kode ICC.

Baut Jamur
Baut jamur umumnya digunakan untuk menempelkan logam ke kayu, dan memiliki potongan persegi di bagian kepala, membantu menahan baut pada tempatnya setelah dikencangkan.

Baut Flange
Juga dikenal sebagai baut rangka, baut ini mampu mendistribusikan beban bantalan dengan memanfaatkan washer yang dipasang di bagian bawah kepala.

Baut Segienam
Baut hexagonal (segienam) ini merupakan baut paling umum digunakan dan yang kebanyakan orang bayangkan ketika kata “baut” diucapkan. Dengan kepala enam sisi, baut memiliki ulir untuk sebagian betis.

Baut Persegi
Baut ini memiliki bentuk yang sama dengan baut segienam sebelumnya. Hanya saja, baut persegi memiliki kepala empat sisi sama rata.

Baut Tanam
Baut tanam memiliki mur segi enam di kedua ujungnya dan beroperasi dengan mengencangkan komponen rakitan di antara kedua baut.

Baut T
Baut T ini memiliki kepala berbentuk T yang biasanya dimasukkan ke dalam slot. Jenis baut ini sering digunakan ketika penyisipan ke dalam slot yang memungkinkan untuk mengunci baut pada tempatnya saat dikencangkan, seperti pada saluran pemasangan beton.

Baut U
Sebagaimana dengan namanya, baut U memiliki bentuk melingkar layaknya huruf U. Baut jenis ini memiliki ujung berupa ulir, dan biasanya digunakan untuk mengikat dua macam benda tanpa perlu melubangi benda.

Baut Mata
Baut mata merupakan baut yang memiliki kepala layaknya lingkaran. Baut jenis ini biasanya digunakan unuk centelan di mesin yang dapat di pindahkan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA