by

Dorong UMKM Bangkit dan Kreatif, Bupati Tamba Serahkan Motor Listrik

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan bantuan motor listrik  kepada pelaku UMKM, Kamis (4/11/2021). Hal tersebut dilakukan untuk mendorong para pelaku UMKM untuk bangkit dan kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Dampak Pandemi menyebabkan lonjakan tenaga kerja yang hengkang dan dirumahkan dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya UMKM di Kabupaten Jembrana secara signifikan.

Warga yang terkena dampak pandemi memilih membuka usaha kreatif berupa Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) dengan berbagai jenis usaha yang digelutinya masing-masing.

Data dari Dinas Perindustrian Perdagangan Dan Koperasi Kabupaten Jembrana, keberadaan jumlah UMKM tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 jumlahnya 23 ribu UMKM. Sedangkan di saat pandemi mengalami kenaikan signifikan yaitu sekitar 61 ribu lebih dan tersebar di semua Kecamatan di Kabupaten Jembrana.

Melihat fenomena tersebut serta untuk mendorong dan memperlancar pengelolaan khususnya dari sisi transportasi promosi usaha, Bupati Jembrana I Nengah Tamba berupaya keras untuk melakukan terobosan dan langkah-langkah dengan harapan para UMKM di Kabupaten Jembrana usahanya akan semakin meningkat.

Didampingi Manager PLN ULP Negara Agus Cipta dan Kadis Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Putu Agus Adinata, Bupati Tamba menyerahkan 2 unit Gerobak motor listrik kepada 2 orang pengelola UMKM yaitu, UMKM yang bergerak di sektor usaha Kripik Sari Tahu, Ni Komang Erna Wati dan pengelola warung Sari Tanjung, Sri Haryana yang berasal dari Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Usai menyerahkan kedua Grobak motor Listrik, Bupati Tamba meminta agar bantuan yang diterima tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan dan memperlancar transportasi saat melakukan pemasaran.

”Gerobak Motor Listrik ini tentu akan sangat bermanfaat. Ini sarana transportasi sangat positif untuk membantu dan memperlancar usaha yang ditekuni, baik saat pemasaran dan juga promosi produk  kepada setiap calon konsumennya,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga berharap, dengan bantuan sarana transportasi ini penghasilan yang diperoleh akan semakin meningkat. ”Sudah diberi bantuan jangan sampai usaha saudara omsetnya menurun. Saya harapkan ini sebagai langkah maju dalam meningkatkan pendapatan usaha yang ditekuni. Semakin baik pendapatan yang diperoleh tentu akan meningkatkan kesejahteraan,” terang Bupati Tamba.

Sementara itu, Manager PLN ULP Negara, Agus Cipta mengaku, bahwa bantuan Gerobak Motor Listrik yang diberikan kepada UMKM  Kabupaten Jembrana merupakan bagian pendistribusian bantuan yang disebarkan ke setiap Kabupaten/ Kota seluruh Bali.

”Untuk Kabupaten Jembrana kita berikan kepada 2 UMKM. Hal ini diberikan secara selektif, karena sudah sesuai kreteria yang ada, bantuan ini diberikan kepada pengelola UMKM perempuan yang notabennya sebagai tulang punggung keluarga,” ujar Meneger PLN Agus Cipta.

Ke depan, Meneger PLN Agus Cipta mengatakan bahwa, bantuan dari CSR PLN Peduli yang berupa Gerobak Motor Listrik ini, akan tetap dilanjutkan yang terpenting dampaknya dapat memberikan manfaat. ”Tentu bantuan seperti ini akan berkelanjutan, yang penting dapat memberikan manfaat yang positif. Tetapi jika sebaliknya, kami akan memperhitungkannya,” tegas Meneger PLN Agus Cipta.

Meneger PLN Agus Cipta menambahkan bahwa keberadaan UMKM yang ada di Kabupaten Jembrana secara umum usahanya sangat aktif dan produktif. ”Ini tentu sangat memungkinkan kalau UMKM yang ada di Kabupaten Jembrana ini layak untuk dikembangkan,” pungkasnya. (AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA