by

Dirjen Budidaya KKP Apresiasi Bupati Tamba atas Budidaya Udang Vaname di Jembrana

KOPI, Jembrana – Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dr. TB Haeru Rahayu, A.Pi, M.Sc, memberikan apresiasi kepada Pemkab Jembrana atas pengembangan budidaya perikanan khususnya udang vaname, ikan kerapu dan lobster, Sabtu (30/10/2021) .

“Kami mengapresiasi upaya Bupati Jembrana I Nengah Tamba untuk membantu Pemerintah dalam menggalakkan budidaya laut dalam pencapaian target produksi Nasional. Tentu kami akan mensupport penuh,” ucap Haeru Rahayu.

Hal tersebut disampaikan Dr. TB Haeru Rahayu, A.Pi, M.Sc, saat berkunjung ke lokasi pembangunan tambak undang Vaname di Kampung Bahari Nusatara yang diinisiasi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono tepatnya berlokasi di Banjar (Dusun) Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Dalam kegiatan tersebut, selain Dirjen Perikanan Budidaya KKP, TB. Haeru Rahayu tersebut dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang didampingi Staf Ahli Bupati I Komang Wiasa, turut pula dihadiri Kadis beserta Sekdis Perhubungan, Kelauatan dan Perikanan, Dwi Maharimbawa, dan I Ketut Wardanaya.

Kunjungan Dirjen Perikanan Budidaya KKP disambut Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono yang berada di lokasi yang sedang dibangun kawasan budidaya udang vaname berbasis Ultra Intensive Aquagriculture Technology yang diciptakan oleh anak bangsa Indonesia.

Sebanyak 30 petak kolam berdiameter 30 meter sedang dibangun dengan target produksi 2.500 Ton per tahun. Sedangkan 60 kolam lagi masih dalam proses pembangunan di dua lokasi.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa menyambut gembira atas dukungan dari KKP melalui Dirjen Budidaya untuk berkolaborasi meningkatkan produk hasil budidaya laut di Kabupaten Jembrana.

“Kami sangat antusias dan berkomitmen untuk membantu Pemerintah bersama-sama merealisasikan target produksi Nasional dalam hasil budidaya baik Ikan Kerapu, Lobster dan Udang Vaname,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga berharap dukungan Dirjen Budidaya, Haeru Rahayu untuk merealisasikan Kampung Kerapu dan Kampung Lobster di Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya dan semoga diamini oleh Dirjen Budidaya, Haeru Rahayu,” harapnya.

Secara terpisah, Dirjen Budidaya, Haeru Rahayu menyampaikan kepada awak Media Pewarta Indonesia bahwa, “Kami dari Pemerintah Pusat melalui Direktur Jenderal Perikanan Budidaya sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan teman-teman Pemkab Jembrana.”

Dirjen Perikanan Budidaya KKP sangat mendukung kegiatan tersebut, karena salah satu bagian untuk pencapain target udang Nasional 2 juta Ton di tahun 2024. Saya berpesan kepada Pak Bupati beserta Jajaran bahwa, “Tidak hanya ekonomi saja tetapi juga ekologi, dan saya sih melihat masih sesuai dengan kaidah-kaidah yang harus dilakukan, itu pesan saya kepada Pemkab Jembrana.” 

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Dr.TB Haeru Rahayu berharap “Hal ini bisa menjadi semacam FAI Mobile, dan saya melihat Jembrana ini sangat luar biasa, punya Bupati yang sangat profesional, kedepan hitung-hitungan bisnisnya sangat luar biasa,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan bahwa ia bersama masyarakat Jembrana merasa berbangga hati, atas kehadiran beliau bisa mampir ke Kabupaten Jembrana. Walaupun hanya sebentar, dengan dukungan dan supportnya beliau kepada kita sangat luar biasa.

“Hal ini adalah bagian dari upaya kita, bagaimana ekonomi bisa tumbuh, dan perputaran ekonomi di sini bisa menyerap tenaga kerja, dan di sini akan ada Perumda sehingga ekonomi bergerak,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba juga menjelaskan bahwa, kemarin kita bicara pertanian, hari ini bicara soal kelautan, kita punya wilayah laut pantai berkisar 70 kilo, sehingga mempunyai kawasan pantai yang sangat panjang, dan berpotensi untuk perikanan sangat luar biasa.

“Kita tidak tergantung Pariwisata, hal ini kita sudah membuktikan dalam situasi Covid-19, kita tidak ada kepailitan dan tidak terlalu anjlok ekonomi kita, karena didukung sektor perikanan, pertanian dan perkebunan,” jelas Bupati Tamba.

Dengan demikian, Bupati Tamba berharap, dengan kehadiran dan support Dirjen Perikanan Budidaya Haeru Rahayu yang datang ke Kabupaten Jembrana, menjadi motivasi untuk kita agar lebih giat lagi dalam bekerja, serta mohon dukungannya masyarakat Jembrana.

“Bupati Jembrana melakukan seperti ini bertujuan hanya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menyerap tenaga kerja, ekonomi bergerak, sehinga kita jadi bahagia dan semua masyarakat Kabupaten Jembrana Bahagia,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA