by

Deretan Wisata di Bangka Belitung yang Menarik Dikunjungi

KOPI, Kediri – Film Laskar Pelangi menjadi awal terkenalnya daerah Belitung. Sampai saat ini masih banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Belitung, Provinsi Bangka-Belitung (Babel).

Belitung merupakan wilayah kepulauan yang menawarkan beragam keindahan alam terutama pulau-pulaunya yang memiliki pantai yang sangat indah untuk kita kunjungi dan didokumentasikan di social media kita. Berikut ini beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke Belitung:

1. Pulau Tanjung Kelayang

Pulau ini menawarkan keunikan pantai berpasir putih yang berhiaskan batu-batu granit raksasa. Tanjung Kalayang juga menawarkan pemandangan matahari terbit yang indah dengan burung-burung kelayang yang beterbangan, yang kemudian menyumbangkan nama bagi pantai ini.

Pulau Tanjung Kelayang

Obyek wisata ini berada di Desa Keciput, Sijuk, atau sekitar 27 km dari Tanjung Pandan. Di pantai ini banyak nelayan menawarkan kapalnya untuk keliling pulau-pulau cantik di sekitarnya.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Di dekat pintu masuk pantai ini terdapat papan bertuliskan “Lokasi syuting film laskar pelangi”. Pantai yang terletak di antara Tanjung Kalayang dan Tanjung Pendam ini juga terdapat batu-batu granit raksasa.

Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan terutama waktu akhir pekan, karena dapat diakses dari Tanjung Pandan tanpa naik kapal. Di pantai ini air lautnya sangat jernih sehingga sangat menyenangkan untuk berenang. Dasar pantainya landai, dangkal dan nyaris tanpa arus. Namun demikian, Anda harus mewaspadai adanya ubur-ubur yang bila terkena sengatnya akan pedih di kulit di waktu tertentu. 

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini dahulunya adalah Pelabuhan Bilik karena merupakan pelabuhan bagi nelayan setempat yang hingga hari ini masih menjadi pemasok aneka seafood bagi restoran-restoran yang terdapat di pantai sekitarnya. Anda harus mencicipinya karena memiliki rasa yang yang sangat enak, salah satunya adalah kepala ikan ketarap dan pepes ikan bulat.

3. Pulau Lengkuas

Pulau ini sangat mencolok dari kejauhan dengan mercusuar peninggalan era kolonial yang menjulang. Tak sulit mengambil gambar di sini, karena semua objeknya sangat menarik, khususnya ketika cuaca cerah dan memotret dari ketinggian puncak mercusuar.

pulau lengkuas

Di Pulau Lengkuas ini Anda dapat snorkeling, dan Anda dapat menemukan bangkai kapal Indomarine di kedalaman 19 meter, yang dapat dieksplorasi dengan scuba diving.

4. Pulau Pasir

pulau pasir

Pulau yang tidak jauh dari pulau Kepayang ini hanya dapat dikunjungi saat air laut dalam keadaan surut dan merupakan pulau kecil yang terdiri hanya hamparan pasir tanpa bebatuan dan pepohonan, sehingga bila berfoto di sini bagai sedang terdampar di tengah laut.

5. SD Laskar Pelangi

Sekolah ini merupakan replika SD Muhammadiyah Gantong yang dibangun sebagai salah satu set film Laskar Pelangi. SD ini berupa bangunan beratap seng dengan dinding kayu yang disangga seadanya sehingga seolah hampir roboh.

SD Laskar Pelangi

Di sinilah bocah-bocah Laskar Pelangi bermimpi untuk meraih pendidikan agar menginspirasi banyak orang di sekitar mereka. Lokasi shoting yang kini menjadi salah satu obyek wisata di Belitung ini berada di atas pasir putih, hampir semua ornamennya mirip dengan yang ada di film Laskar Pelangi.

Untuk Anda yang merencanakan untuk berlibur ke Belitung, bisa menghubungi BangkaTour. Kami masih menjadi yang terbaik untuk menemani Anda ketika menikmati liburan di Bangka Belitung. Di sini, Anda bisa menemukan beragam Paket Tour Belitung dengan harga yang bervariasi. Selengkapnya, Anda bisa mengunjungi situs website Bangkatour.com.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA