by

Cara Mudah Uninstall Banyak Aplikasi di Android

KOPI, Jakarta – Setelah sekian tahun pemakaian, handphone Android umumnya telah dipenuhi banyak program. Beberapa aplikasi kemungkinan cuma digunakan sekali atau 2x karena keperluan, selanjutnya tidak pernah kembali dipakai.

Nah, seharusnya beberapa aplikasi yang cuman sekali 2x digunakan ini segera dihapus. Tetapi terkadang pemakai lupa sampai di Android mereka ada beberapa program yang tak pernah dipakai.

Itu artinya, seiring berjalannya waktu, memory atau ruangan penyimpanan di HP Android akan habis dikonsumsi program yang tak lagi kepakai.

Cara Hapus Aplikasi Android Sekaligus

Nah, tahukah kamu, alih-alih hapus satu demi satu program, pemakai Android dapat hapus beberapa aplikasi Android sekalian. Seperti Swissjava kutip dari Ubergizmo, ini langkahnya:

  1. Membuka Google Play Store di Android kamu
  2. Tap icon profile yang berada di segi atas kanan
  3. Tentukan “Manage Apps dan Device”
  4. Sekarang kamu bisa melihat ada seberapa banyak program yang terpasang di Android kamu dan berapa banyak memory yang digunakan
  5. Pemakai dapat melihat keseluruhnya daftar program yang terpasang di handphone
  6. Berikan tanda ceklis pada kotak, untuk pilih beberapa aplikasi mana yang ingin dihapus
  7. Sesudah pilih semua, tap icon kotak sampah
  8. Pemakai akan melihat pop-up verifikasi, lalu tentukan “Uninstall”.

Sekarang, semua program yang diputuskan akan dihapus dari handphone. Harus diingat, langkah ini cuman dapat dipakai untuk beberapa aplikasi yang terpasang dari Play Store.

Artinya, bila pemakai memasang program hasil unduhan dari toko aplikasi lain, seperti Amazon, Epic, atau Galaxy Toko dan sebagainya, tidak tertera dan harus menghapusinya secara terpisah.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA