by

Cara Memilih Disinfektan Terbaik untuk Anak di Masa Pandemi

KOPI, Cara Memilih Disinfektan – Sigmund Freud dalam teori psikologinya menyebutkan beberapa tahapan perkembangan pada anak. Satu di antara tahap perkembangan tersebut adalah fase oral. Fase oral adalah masa dimana anak-anak senang dan mencari stimulasi dari mulutnya.

Menggigit dan memasukkan benda apapun ke dalam mulut menjadi kegemaran anak pada masa ini. Padahal bakteri, virus, parasit dan kuman yang memempel pada berbagai benda dapat dengan leluasa memasuki tubuh anak lewat mulut.

Bakteri,virus, parasit dan kuman yang masuk lewat mulut anak dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan termasuk diare. Penyakit diare menjadi penyebab kematian terbesar yang terjadi pada anak-anak.

Sesuai data Kemenkes pada Juni 2019 lalu, tercatat sebanyak 7 juta kasus kematian anak terjadi karena penyakit diare setiap tahunnnya. Fakta ini tentu membuat para orang tua harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak.

Kebersihan lingkungan anak dapat dijaga secara lebih maksimal dengan menggunakan cairan disinfektan. Cairan disinfektan dapat membunuh microorganisme penyebab penyakit seperti kuman, virus, bakteri dan parasit.

Penggunaan disinfektan sudah menjadi hal wajib, terlebih Indonesia masih mengahadapi gelombang pandemi covid-19. Namun tidak sembarang disinfektan baik dan aman untuk anak. Berikut beberapa cara memilih disinfektan yang aman dan baik bagi anak-anak.

Hasil Semprotan

Sebuah produk disinfektan yang baik dapat diketahui dari hasil semprotan yang dikeluarkan. Pilih cairan disinfektan yang mempunyai hasil seprotan halus.

Semprotan halus menandakan ukuran partikel yang dihasilkan. Semakin kecil ukuran partikel semprotan, maka semakin efektif pula cairan disinfektan membunuh kuman.

Tingkat Kekeringan

Cairan yang digunakan dalam disinfektan mengandung beberapa bahan kimia. Zat kimia tersebut digunakan untuk membunuh kuman, parasit, virus dan bakteri.

Namun beberapa produk disinfektan terkadang meninggalkan zat sisa karena cairan yang disemprotkan tidak cepat kering.  Produk disinfektan yang cepat kering tidak akan meninggalkan zat sisa yang bisa sewaktu-waktu termakan atau masuk ke dalam tubuh anak.

Label Industri

Beberapa produk disinfektan memiliki kandungan zat kimia yang tidak ramah kepada anak. Pilihlah produk disinfektan yang memiliki kandungan herbal agar aman untuk anak-anak. Produk-produk disinfektan yang mengandung bahan herbal dapat diketahui dari label khusus pada kemasannya.

Kemasan Produk

Pastikan produk disinfektan dikemas dengan aman. Kemasan disinfektan yang aman menggunakan bahan aluminium bukan seng. Kebanyakan produk disinfektan yang beredar di pasaran masih menggunakan bahan seng dalam pengemasannnya.

Kemasan dari bahan seng dapat bersifat karsinogen yang lama kelamaan memicu penyakit kanker. Padahal tujuan utama penggunaan disinfektan membersihkan tidak merusak.

Seperti diketahui sebelumnya, disinfektan dapat diartikan dengan cairan pembersih yang dapat membunuh bakteri, kuman, virus dan parasit penyebab penyakit. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

Keberadaan disinfektan menjadi hal wajib bagi setiap anak. Pemilihan produk disinfektan yang aman dan baik untuk anak dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA