by

Cara Cepat Mengatasi File PDF Yang Tidak Bisa Diedit

KOPI, Nganjuk – PDF yang merupakan singkatan dari Portable Document Format, saat ini semakin familiar dan banyak digunakan oleh siapapun. Hal itu dikarenakan PDF lebih rapih dan tidak akan berubah apabila dibuka menggunakan perangkat yang berbeda.

Namun kami telah melansir dari bidangtekno.com, selain memiliki kelebihan tersebut. Format ini memiki kekurangan, yakni apabila sudah selesai dibuat akan sulit untuk di edit. Meskipun begitu bukan berarti file PDF yang telah dibuat tidak bisa di edit lagi, format tersebut masih bisa di edit meskipun tidak melalui PDF.

Tentunya untuk mengedit format tersebut perlu menggunakan beberapa cara. Nah, oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan memberikan tips tentang cara mengatasi file PDF yang tidak bisa di edit. Langsung saja simak caranya dibawah ini.

Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Diedit

1. Edit File PDF Menggunakan Microsoft Word

Cara mengedit file dengan format PDF yang pertama yaitu menggunakan aplikasi Microsft Word. Perlu kalian ketahui bahwa aplikasi yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk keperluan mengetik dan membuat file dokumen ini juga bisa digunakan untuk mengedit file PDF.

Untuk cara edit file PDF menggunakan aplikasi Microsoft Word ini cukup mudah, simak caranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, yakni buka aplikasi MS. Word di laptop ataupun komputer kalian.
  2. Selanjutnya buka menu File lalu pilih “Open”.
  3. Setelah itu kalian bisa mencari file PDF yang akan kalian edit di perangkat tersebut (Apabila file tidak ditemukan kalian bisa merubah format pencarian file menjadi “All Files”.
  4. Jika sudah menemukan file yang akan kalian edit, kalian bisa langsung membuka file tersebut.
  5. Setelah file tersebut terbuka di aplikasi MS. Word, kalian bisa mengedit file yang berasal dari format PDF.
  6. Jika proses editing file sudah selesai, kalian bisa menyimpan file tersebut.


2. Edit File PDF Menggunakan Adobe Reader

Mengedit file PDF tidak harus menggunakan Microsoft Word saja, tetapi kalian juga bisa mengedit file PDF dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader. Tentunya aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kalian, memang aplikasi ini umumnya digunakan untuk membuka file PDF.

Namun siapa sangka, selain digunakan untuk membaca file PDF, aplikasi Adobe Reader ternyata juga bisa digunakan untuk mengedit file PDF. Cara mengedit tulisan PDF dengan menggunakan aplikasi ini cukup mudah, kalian bisa menyimak caranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Adobe Reader di laptop atau komputer kalian.
  2. Selanjutnya buka file PDF yang ingin diedit dengan cara klik “My Computer” lalu cari file yang akan diedit.
  3. Setelah file tersebut dibuka, kalian bisa klik “Edit PDF” yang ada di kanan atas.
  4. Nah, kalian bisa langsung mengedit file tersebut dengan bebas.
  5. Apabila proses editing sudah selesai, kalian bisa langsung menyimpan file yang sudah kalian edit.

Akhir Kata

Seperti itulah cara mengedit file PDF dengan mudah dan cepat yang bisa kami bagikan kepada kalian. Bagi kalian yang ingin membuat PDF di HP, kalian bisa melihat tips cara membuat pdf di hp. Sekian artikel kali ini, semoga tips tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA