by

Bupati Tamba Serahkan Bantuan Ternak Kambing kepada Kelompok ‘TK Gempita’

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan bantuan ternak Kambing kepada Kelompok Ternak Kambing (TK) ‘Gempita’, Rabu (3/11/2021). Bantuan ini untuk kedua kalinya dari Pemerintah Kabupaten Jembrana, yang diserahkan kepada 7 Kelompok TK ‘Gempita’ yang tersebar di setiap Kecamatan di Kabupaten Jembrana.

Bantuan sebanyak 308 ekor kambing diserahkan Bupati I Nengah Tamba beserta Wabup Patriana Krisna secara simbolis kepada penerima bantuan kelompok ternak, bertempat di penampungan kandang hewan UD Fajar Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Dalam hal tersebut, Bupati Tamba meminta agar setiap anggota kelompok ternak tidak asal-asalan dalam memelihara ternaknya. Pasalnya, Pemerintah tidak akan segan untuk memutus pendistribusian bantuan jika di lapangan ditemukan ada kelompok yang tidak serius dan tidak baik dalam menjalankan usahanya.

“Oleh karena itu, jadilah peternak yang baik. Saya tidak ingin ada kelompok penerima bantuan hanya senang saat menerima bantuan saja. Dengan demikian harus bertanggungjawab dalam memeliharanya,” ujar Bupati Tamba.

Ke depan, jika saat di evaluasi di lapangan ternyata ditemukan kelompok penerima bantuan ternyata melanggar aturan dan kewajiban, maka Bupati Tamba, atas nama Pemerintah Kabupaten Jembrana akan menghentikan pendistribusian bantuan kepada kelompok.

“Ke depan saya hentikan bantuan kambing ini, jika di lapangan ternyata pengelolaan dan pemeliharaannya asal-asalan. Termasuk jika ditemukan keberadaannya tidak jelas,” tegas Bupati Tamba.

Kepada anggota kelompok penerima, Bupati Tamba juga meminta agar bantuan dapat memberikan penghasilan secara ekonomi kepada kelompok serta keluarga. “Harapan saya, bantuan ini nantinya bisa berkembang. Jika satu ekor kambing betina ini bisa beranak 2 ekor, satunya dijual untuk kebutuhan ekonomi keluarga dan satunya dikembangkan lagi sehingga nantinya semakin banyak,” harap Bupati Tamba.

Sementara Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan, I Gede Putu Kastama mengaku, bahwa bantuan ternak kambing yang diserahkan kepada kelompok ‘Gempita’ sebanyak 308 ekor. Bantuan itu diberikan kepada kelompok tani ternak kambing yang tersebar di setiap Kecamatan di Kabupaten Jembrana.

“Ada 7 kelompok yang menerima bantuan. Setiap kelompok diberikan masing-masing sebanyak 44 ekor kambing, 40 betina dan 4 ekor pejantan. Sehingga jumlah bantuan ternak yang diserahkan saat ini sebanyak 308 ekor,” ujarnya.

Selain bantuan berupa ternak kambing, Sutama mengatakan bahwa kelompok juga diberikan bantuan berupa fasilitas kandang dan obat-obatan serta pemberdayaan SDM anggota kelompok. Selain itu, anggota kelompok diberikan bimbingan teknis (bimtek) untuk peningkatan SDM-nya terkait dengan pakan ternak fermentasi serta pengolahan limbah organik,” pungkasnya. (AM)

 Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA