by

Berikut Ini Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak

KOPI, Nganjuk –  Ada bermacam manfaat bermain bola bagi anak yang penting orangtua ketahui. Dimulai dari meningkatkan kebugaran, memberikan dukungan kekuatan otot dan tulang, dan sehatkan jantungnya. Silahkan baca penjelasannya.

Bunda kemungkinan suka kesal, ya, bila anak pulang dengan pakaian dan sepatu yang kotor setelah main sepak bola? Rasanya langsung ingin membentak dan melarang saja. Eh, tetapi, tahan dahulu, Bun. Walaupun buah hati terlihat dekil dan beraroma tidak sedap karena terkena panas matahari, bermain sepak bola bisa memberikannya beberapa keuntungan, kok.

5 Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak

Sepak bola ialah olahraga yang melibatkan tim, memakai bola sepak, dan umumnya dilakukan di luar ruangan, yaitu lapangan terbuka. Biasanya olahraga jenis ini benar-benar disukai oleh anak laki-laki, tapi beberapa anak wanita juga menyukainya, Bun.

Sama dengan berolahraga jenis yang lain, sepak bola menyimpan banyak manfaat kesehatan untuk buah hati, diantaranya:

1. Meningkatkan kebugaran

Bermain sepak bola mengharuskan anak berlari ke sana-sini untuk memburu bola di atas lapangan. Aktivitas ini tentu saja dapat membakar kalorinya dan menyebabkan berkeringat.

Hal itu baik sekali untuk kesehatannya, sebab bisa membuat tubuhnya jadi lebih bugar. Dengan rutin olahraga, ketahanan tubuh anak akan meningkat. Sehingga, dia dapat terbebas dari bermacam jenis penyakit, seperti flu dan COVID-19.

2. Mendukung kesehatan jantung

Selama bermain sepak bola, tubuh anak terus akan bergerak. Kegiatan fisik ini mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat dan membuat anak bernapas lebih sering. Olahraga jenis ini sanggup tingkatkan kemampuan badan untuk mengirim oksigen ke semua sel tubuh, hingga baik sekali untuk mendukung kesehatan jantung dan turunkan resiko gangguan jantung pada anak, Bun.

3. Mengatur kenaikan berat badan

Bertambahnya berat badan tanpa terkendali secara baik dapat menyebabkan anak alami kegemukan. Keadaan ini tidak baik untuk kesehatannya, sebab bisa tingkatkan resiko dia mengalami penyakit berbahaya, diantaranya kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan munculnya gangguan bernapas, seperti asma. Nach, olahraga seperti bermain sepak bola dipercaya dapat membantu mengatur peningkatan berat badan anak, Bun.

4. Mendukung kekuatan otot dan tulang

Karena membuat anak terus bergerak, lari, dan menendang, olahraga sepak bola bisa mendukung kemampuan otot dan tulang anak. Disamping itu, olahraga ini umumnya dilakukan di atas lapangan terbuka dan membuat anak terpapar cahaya matahari.

Cahaya matahari benar-benar baik dalam meningkatkan asupan vitamin D dalam tubuh. Kehadiran vitamin ini diperlukan untuk menyerap kalsium, supaya tulang anak sehat dan kuat. Dengan mempunyai otot dan tulang yang sehat, karena itu anak terlindung dari masalah tulang, seperti osteoporosis di masa yang akan datang, dan dapat bebas beraktivitas tiap hari.

5. Mengembangkan kepribadian anak

Dengan bermain sepak bola, anak-anak tidak hanya sekadar berlari-lari saja, tapi dia pelajari bagaimana cara berbicara dan bekerja sama yang bagus antara anggota team. Di peristiwa ini, dia juga belajar mengenai cara merajut pertemanan, baik dengan sama-sama anggota atau team lawan.

Ini baik sekali untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kepribadiannya,. Disamping itu, melalui olahraga ini, anak juga dapat belajar mengenai kepemimpinan dan rasa empati.

Berdasar informasi di atas, manfaat bermain sepak bola untuk anak ada beberapa . Maka, mulai saat ini Bunda tak perlu larang atau membentak anak, saat dia ingin bermain sepak bola, ya.

Tetapi, ingat sepak bola umumnya melibatkan beberapa orang, sebaiknya anak lakukan olahraga ini cuma bersama Bunda, Ayah, anggota keluarga yang lain, atau pengasuh saja, supaya kesehatannya terjaga dan terbebas dari penyebaran virus Corona.

Disamping itu, bila anak ingin bermain sepak bola di lapangan terbuka atau di halaman dekat rumah, sebaiknya jika Bunda memakaikan tabir surya di kulit anak saat sebelum dia berolahraga. Karena kebanyakan paparan sinar matahari malah dapat menimbulkan kerusakan kulit.

Penutup

Demikian artikel mengenai Berikut Ini Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian terima kasih.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA