by

Antisipasi Tanggul Jebol, Satgas Citarum Sektor 19 Lakukan Perbaikan Tanggul Citarum

KOPI, Karawang – Guna mengantisipasi jebolnya tanggul Sungai Citarum, Personil Satgas Citarum Sektor 19 bersama warga masyarakat melaksanakan Karya Bhakti perbaikan tanggul Sungai Citarum, yang berlokasi di perbatasan Kelurahan Tanjungpura dan Kelurahan Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Selasa (16/11/2021). Kegiatan tersebut dipimpin Batih Satgas Citarum Sektor 19 Serma Suprianto bersama personilnya, dibantu masyarakat setempat.

Saat dikomfirmasi awak media, Batih Satgas Citarum Sektor 19 mengatakan sasaran perbaikan adalah tanggul yang longsor dilakukan pengarugan. “Dengan sigap kami bersama warga mengurug tanggul yang longsor guna mengantisipasi yang apabila dibiarkan kemungkinan akan menyebabkan tanggul amblas dan jebol,” ujar Suprianto.

Menurut Suprianto, tingginya debit air Citarum mengakibatkan rusaknya beberapa tanggul. Guna mencegah terjadinya longsor atau jebolnya pada tanggul tersebut, kami segera memperbaikinya dengan menggunakan karung berisi pasir, bambu penahan, dan tanah untuk penguatan tanggul.

“Satgas Citarum dibantu warga setempat segera memperbaiki tanggul dan menambah ketebalan tanggul dengan menggunakan karung berisi tanah,” jelasnya.

Foto: Satgas Citarum Harum Sektor 19 bersama personil dan masyarakat memperbaiki tanggul Citarum, Selasa (16/11/21).

Batih Satgas Citarum Sektor 19 berharap dengan ada kerjasama antara masyarakat dan Satgas Citarum Sektor 19, maka permasalahan yang dihadapi dalam pemeliharaan kelestarian Citarum akan teratasi. (AAS)

Editor: NJK