by

Air Terjun Paling Hits dan Instagramable di Indonesia

KOPI, Jakarta – Keindahan alam di Indonesia memang tidak perlu kita ragukan lagi. Banyak potensi keindahan alam yang tersedia mulai dari gunung hingga pantai. Nah, Jika Anda senang menikmati keindahan alam sambil berenang, air terjun bisa menjadi destinasi paling tepat. Lalu, air terjun paling hits dan instagramable di Indonesia berada di mana saja?

Menemukan tempat wisata yang hits dan instagramable memang populer di kalangan milenial. Anda dapat menikmati liburan di tempat yang indah dan menyimpan moments tersebut di feed Instagram Anda. Supaya hasil foto liburannya dapat memberikan kesan kekinian, carilah tempat yang instagramable dan juga hits.

Dari banyaknya air terjun yang ada di Indonesia, inilah beberapa air terjun paling hits dan instagramable yang dirangkum salah satu perpustakaan online di Indonesia:

1. Air Terjun Sekumpul, Buleleng Bali

Tidak lengkap rasanya jika di Bali hanya menikmati keindahan pantainya. Selain pantai, Bali juga memiliki keindahan air terjun yang memukai. Salah satu air terjun paling populer di Bali ialah Sekumpul.

Lokasi air terjun Sekumpul cukup tersembunyi, sehingga membutuhkan usaha ekstra untuk mencapai tempat tersebut. Gunakan alas kaki anti selip dan nyaman karena untuk sampai ke tujuan harus melalui banyak tangga licin, dan harus menyebrangi sungai apabila ingin melihat air terjunnya dari dekat.

Lokasi Air Terjun Sekumpul ialah di Desa Sekumpal, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Anda dapat datang ke lokasi melalui Jl. Denpasar. Lokasinya buka mulai dari jam 8 pagi sampai dengan 5 sore. Tarif yang harus Anda keluarkan untuk menempuh lokasi ini cukup murah yaitu Rp 2.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 5.000 untuk wisatawan asing.

2. Air Terjun Panetean, Tasikmalaya Jawa Barat

Bicara mengenai wisata alam air terjun, Jawa Barat merupakan tempat yang paling tepat karena wisata air terjunnya cukup banyak dan keindahannya  yang sangat menyejukkan. Tidak sedikit air di air terjun Jawa Barat sangat bening seperti kaca.

Salah satunya ialah air terjun Panetean. Wisata alam ini mempunyai pemandangan mempesona dengan tingkatan air rendah yang menarik. Bebatuan alam yang ada di sekitar air terjun membentuk kolam-kolam kecil sehingga membuat Anda seolah-olah sedang berendam di jacuzzi alami.

Lokasi air terjun berada di Tasikmalaya Jawa Barat, tepatnya di Pangliaran, Pancatengah 46194. Jam buka mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 3 sore. Sedangkan, harga tiketnya hingga saat ini masih gratis. Namun jika Anda berkunjung ke tempat tersebut menggunakan kendaraan, maka akan terkena biaya parkir sebesar Rp 5.000.

3. Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul Yogyakarta

Sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Arizona, Amerika Serikat untuk menikmati pesona air terjunnya. Sebab, keindahan air terjun yang ada di Arizona mampu terduplikasi oleh air terjun Sri Gethuk yang ada di Yogyakarta. Kami jamin Anda tidak akan menyesal saat mengunjungi tempat ini.

Ketika sampai di lokasi, Anda dapat langsung melihat air mengalir dari puncak bukit yang mengalir ke lima tingkat bebaturan hingga akhirnya bermuara ke sepanjang sungai. Udara yang ada membuat tubuh menjadi segar, walaupun Anda belum menyentuh air. Selama di sana, mata Anda akan termanjakan dengan keindahan air terjun, bukit, dan juga pepohonan.

Sebelum ke sana, lebih baik ketahui dulu lokasinya. Air terjun Sri Gethuk berada di desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Setelah sampai di lokasi perlu membayar tiket masuk yaitu Rp 10.000 per orang. Untuk menyusuri seluruh lokasi, Anda dapat menyewa perahu dengan harga yang tidak mahal yaitu hanya Rp 10.000 per orang.

4. Air Terjun Coban Sewu, Malang Jawa Timur

Coban sewu merupakan salah satu objek wisata air terjun populer yang ada di Malang. Ketika mengunjungi Malang, tak lengkap jika melewatkan keindahan alam air terjun Coban Sewu. Pesonanya mampu memberikan kesegaran serta kedamaian.

Ada beberapa titik berfoto di lokasi ini. Sedangkan, air terjunya dapat Anda lihat mulai dari ujung kiri sampai dengan barat. Berhati-hatilah ketika ingin berfoto, karena tebingnya licin apalagi saat musim hujan. Jika telah puas menikmati puncak air terjun, Anda dapat turun menikmati dasar sungai. Berswafoto di bawah air terjun Coba Sewu yang tidak kalah indah.

Air terjun Coban Sewu berlokasi di daerah Dadapan Wetan, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang Jawa Timur. Anda dapat mengunjungi lokasi baik menggunakan motor ataupun mobil. Apabila Anda ingin mengkeksplore wisata alam satu ini, siapkan uang tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

5. Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Kembar Lombok Timur

Rekomendasi air terjun selanjutnya yang ada di Indonesia ialah air terjun Tiu Teja di Lombok Timur. Wisata alam ini populer dengan air terjunnya yang kembar dan juga menawan. Ketika dalam perjalanan menuju air terjun Tiu Teja, Anda akan menikmati pemandangan sekitar yang indah serta udara yang begitu sehat.

Kenapa banyak orang menyebutnya dengan air terjun kembar? Sebab, air terjun Teja memiliki dua air terjun saling berdampingan. Kedua airnya berkarakter hampir sama. Air yang jatuh dari keduanya seolah-olah beriringan dan saling melengkapi. Tidak heran banyak pengantin baru melakukan swafoto di lokasi ini. Sebab, pemandangan alamnya yang terkesan romantis.

Air Terjun Tiu Teja tepatnya berada di Pendua, Kayangan, Kabupaten Lombok Utara NTB. Anda dapat mengunjungi lokasi mulai jam 6 pagi sampai dengan 5 sore. Sedangkan, harga tiketnya sendiri ialah Rp 10.000 per orang.

6. Air Terjun Grudo, Pati Jawa Tengah

Selanjutnya, air terjun di Indonesia yang tidak kalah menarik Anda eksplore ialah air terjun Grudo. Debet air terjunnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil atau sedang. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang ingin mandi di air alami bak kolam renang dengan pemandangan air terjun.

Banyak yang menyebut jika air terjun Grudo memiliki kemiripan dengan air terjun Niagara yang ada di Amerika. Anda akan merasa betah berada di lokasi ini, karena panorama air terjunnya yang begitu asri. Kami sarankan jangan sampai lupa membawa pakaian ganti saat mengunjungi air terjun Grudo. Sebab, Anda pasti tidak akan tahan dengan kejernihan airnya.

Lokasi tepatnya yaitu Desa Gunungpati, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jam operasional air terjun Grudo mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Untuk menikmati keindahan panorama air terjun cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

Itulah rekomendasi air terjun paling hits dan instagramble di Indonesia. Untuk berangkat ke lokasi air terjun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Misalnya, mengenakan alas kaki yang tidak licin, membawa pakaian ganti, dan membawa minuman dan makanan dari rumah. Sebab, tidak semua lokasi air terjun menyediakan penjual makanan. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA