by

5 Tips Dasar Memulai Bisnis untuk Pemula

KOPI, Kediri – Kewirausahaan adalah petualangan dan, seperti perjalanan apa pun, selalu memiliki peta jalan saat Anda memulai. Meskipun tidak ada yang bisa mengantisipasi segala sesuatu yang akan muncul di hari-hari awal usaha baru, ada beberapa elemen umum yang berlaku untuk kebanyakan orang. Ikuti 5 tips bisnis dasar ini untuk pemula saat Anda mulai bekerja

1. Kenali dirimu sendiri

Tidak ada jalan keluar Anda mungkin harus memenuhi banyak peran dalam bisnis Anda. Anda harus menghasilkan produk atau jasa, melakukan pemasaran dan setidaknya melakukan beberapa akuntansi dasar dan penataan hukum. Tetapi pastikan Anda masuk dengan pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda lakukan dengan baik dan apa yang tidak.

Bahkan jika itu adalah waktu yang lama sebelum Anda dapat menyewa bantuan penuh atau paruh waktu, carilah peluang untuk mengembangkan aktivitas tersebut dalam bisnis Anda di mana Anda tidak terlalu kuat. Bisnis secara keseluruhan akan menjadi yang terbaik ketika semua orang melakukan yang terbaik, dan itu dimulai dari Anda.

2. Hilangkan alasan

Salah satu alasan kebanyakan orang tidak mengambil lompatan untuk memulai bisnis mereka sendiri adalah karena mereka tidak pernah melewati tahap alasan. Jika Anda membuat daftar pro dan kontra tentang mengapa Anda harus menjadi pengusaha, daftar kontra yang jujur ​​akan sangat penting.

Sebelum Anda mulai, bekerjalah untuk menangani masing-masing. Pastikan Anda memahami dalam pikiran Anda sendiri mengapa alasan bukanlah dasar yang masuk akal untuk tidak bertindak. Atau, jika Anda memutuskan bahwa alasan tersebut benar-benar merupakan keberatan yang masuk akal, pastikan Anda memahami mengapa alasan itu lebih besar daripada kelebihan dalam daftar Anda.

Akan ada hari-hari gelap di tahap awal bisnis Anda dan peluang untuk menebak-nebak akan berlimpah. Itulah mengapa Anda ingin memahami sebelum Anda memulai, ketika pikiran Anda jernih, mengapa alasan-alasan ini tidak menghentikan Anda.

3. Jadilah pembelajar yang cerdas

Pelajari sebanyak mungkin tentang segala sesuatu yang masuk ke bisnis Anda. Dari lini produk atau layanan tertentu, hingga menjalankan perusahaan, hingga manajemen psikologis hidup Anda di masa yang akan penuh tekanan.

Tetapi perhatikan siapa yang Anda dengarkan. Kebanyakan orang sangat senang memberikan nasihat dengan sedikit refleksi apakah mereka memenuhi syarat untuk memberikannya. Jika Anda memilih untuk menyerap informasi dan saran dari suatu sumber, pastikan Anda tahu mengapa Anda memercayai sumber itu.

Daripada memulai ide Anda dengan apa yang harus dijual, pikirkan apa yang akan dipecahkannya. Jauh lebih mudah untuk mendapatkan basis pelanggan yang solid ketika bisnis Anda memperbaiki masalah umum.

4. Sederhanakan

Anda mungkin memiliki ambisi besar untuk bisnis Anda dan itu hal yang baik. Tetapi kecuali jika Anda memiliki dana yang sangat baik, Anda mungkin harus memulai dari yang kecil dan membangun. Itu berarti menyederhanakan fokus Anda dan kemudian benar-benar mengasahnya.

Sebagai bagian dari penyederhanaan, kerjakan elevator pitch Anda—penjelasan dasar 30 detik yang akan Anda berikan tentang bisnis Anda ketika Anda bertemu orang-orang di Kamar Dagang, di jalan, atau, secara harfiah, di dalam lift. Tidak ada yang memfokuskan pikiran seperti harus menggambarkan apa yang Anda lakukan dalam waktu kurang dari 1 menit.

5. Ketahui mengapa Anda adalah solusi

Bisnis tidak menjual produk atau menyediakan layanan. Oh, di permukaan itulah yang mereka lakukan, tetapi semua itu dijual karena mereka memecahkan titik rasa sakit dalam hidup seseorang. Sebelum Anda terjun ke bisnis, pahami masalah spesifik apa yang Anda selesaikan.

Misalnya, jika Anda memberikan konsultasi teknis, yang sebenarnya Anda berikan adalah ketenangan pikiran bagi pemilik bisnis bahwa sistem komputer mereka berfungsi. Jika Anda seorang konsultan pemasaran digital, yang benar-benar Anda lakukan adalah memastikan bahwa investasi situs web pemilik bisnis tidak sia-sia.

Jadi gali sedikit lebih dalam ke dalam jiwa manusia. Memahami titik rasa sakit apa yang Anda pecahkan tidak hanya akan membantu Anda menjual lebih banyak, tetapi Anda akan merasa nyaman dengan diri sendiri. Pada hari-hari awal bisnis, itu penting.

Sumber: https://bisnisonlinekuy.com/