by

Universitas BSI Adakan Pelatihan Instagram sebagai Media Promosi

KOPI, Bekasi – Para pengajar di Universitas Bina Sarana Informatika telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) bagi ibu-ibu warga RT.03 / RW.14, Desa Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 2 Oktober 2021. Kegiatan ini rutin dibuat oleh para dosen karena sudah diwajibkan bagi dosen untuk membagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah syarat mutlak seorang dosen di setiap semesternya.

Pada semeser ini kegiatan PM dilaksanakan oleh dosen-dosen dari Fakultas Komunikasi, Jurusan Penyiaran Universitas Bina Sarana Informatika di Perumahan Panjibuwono City, Kabupaten Bekasi melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini dibuka oleh ketua program studi periklanan, Jusuf Fadilah M.I.Kom. Materi disampaikan oleh ketua kelompok, yaitu Mareta Puri Rahastine, S.Sn, M.I.Kom; serta para tutor PM, yakni Laurensia Retno Hariatiningsih, M.I.Kom; Dito Anjasmoro Ningtyas, S.I.Kom; dan Fajar Shidiq, S.I.Kom.

Tema yang diambil oleh adalah Sosial Media yang bukan hanya untuk bersosialisasi, menanyakan kabar atau sekedar berfoto ria tetapi sosial media juga memiliki manfaat yang positif seperti media promosi. Keputusan para dosen untuk mengambil sosial media sebagai media promosi karena mengingat saat pandemi seperti ini banyak masyarakat yang memiliki kesulitan ekonomi, sehingga penyuluhan tentang sosial media (instagram) sebagai media promosi diharapkan dapat membantu masyarakat agar dapat bangkit kembali dengan menjual produk-produk daganganya.

Materi yanag disampaikan cukup jelas dan lengkap, dari cara melihat media yang sesuai, alasan mengapa memilih media instagram, data yang disajikan, hingga cara-cara apa saja yang bisa dilakukan masyarakat untuk promosi di instagram. Hal ini mungkin banyak peserta yang belum tahu karena kebanyakan yang berstatus ibu rumah tangga (IRT) bukan penjual atau pemilik UMKM.

Peserta pelatihan Instagram

Informasi yang diberikan oleh pembicara mudah dimengerti dan menambah semangat para ibu untuk berniaga di instagram. Keahlian dan keterampilan yang dimiliki bisa disalurkan dan dapat membantu perekonomian para ibu warga Panjibuwono.

Hal ini juga diberikan apresiasi oleh Asep Iwan selaku ketua RT 03 di Perumahan Panjibuwono City dan diharapkan ke depanya dapat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan tema yang berbeda sehingga para warga dapat pengetahuan yang baru dan mengembangkan diri lagi. Tidak perlu yang terlalu sulit dan berbicara yang rumit, cukup pembahasan yang sekiranya warga dapat mencoba mempraktekan secara langsung sehingga ilmu pengatahuan yang sudah disampaikan dapat bermanfaat bagi warganya. (BST/Red)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA