by

Tiga Finalis #AksiMudaIndonesia Asuransi Astra Berikan Kontribusi dan Inovasi Terbaik di Bidang Kesehatan

KOPI, Jakarta – Asuransi Astra kembali memilih tiga Finalis dalam ajang #AksiMudaIndonesia yang memberikan kontribusi terbaiknya dalam menciptakan inovasi di bidang kesehatan yaitu kehidupan yang sehat dan sejahtera. Berikut ketiga finalis dengan ide aksi sosial pilar kesehatan yang lanjut ke tahap berikutnya yaitu perwakilan dari STIKes Budi Luhur Cimahi, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Majalengka.

Salah satu hal yang menggerakkan Asuransi Astra untuk melakukan program #AksiMudaIndonesia adalah situasi Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat tingkat kesadaran masyarakat terhadap isu kesehatan semakin meningkat. Maka Asuransi Astra juga mengajak seluruh mahasiswa di Indonesia untuk turut serta berikan aksi sosial berkelanjutannya terutama pada pilar kesehatan, pilar pendidikan, lingkungan, dan income generating activity.

Finalis STIKes Budi Luhur Cimahi, merupakan perwakilan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan. Mengusung program Lansia Sehati (Sehat dan Aktif) finalis mengawali programnya di Desa Galanggang, Jawa Barat melalui kegiatan bernama Lansia Sehat dan Lansia Aktif.

STIKes Budi Luhur Cimahi mengadakan Pos Pelayanan Terpadu (Posbindu) sebagai salah satu aktivitas untuk giat Lansia Sehat dan berbagai aktivitas sebagai bentuk terapi kognitif untuk giat Lansia Aktif, harapannya program ini dapat menjadikan lansia dan keluarganya dapat hidup mandiri dalam memelihara kesehatannya. Selain itu, sebagai bentuk aksi sosial berkelanjutan, para finalis ingin membawa program Lansia Sehati ini menyebar ke beberapa wilayah lainnya.

Sementara itu, Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dari Universitas Hasanuddin, bentuk kepedulian mereka pada pilar kesehatan ditunjukkan oleh perwakilan mahasiswa Kesatuan Aksi, lebih fokus kepada gizi masyarakat. Mereka melihat masyarakat di Pulau Kodingareng, Sulawesi Selatan yang dinilai memiliki permasalahan mengenai gizi buruk, hal ini menggerakkan finalis untuk turun langsung melakukan budidaya hidroponik di wilayah setempat.

Hidroponik dinilai menjadi solusi yang tepat karena tanah di pulau tersebut mayoritas berupa pasir dan tidak dapat ditanami tanaman. Dengan memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan dalam membudidayakan tanaman hidroponik ini diharapkan dapat membantu masyarakat di wilayah tersebut terhindar dari gizi buruk dengan mengonsumsi hasil tanamannya tersebut.

Selanjutnya, aksi sosial yang memberikan sebuah terobosan di bidang kesehatan hadir dari perwakilan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Informatika Universitas Majalengka. Melalui program SIMOISEN (Sistem Monitoring Infusan Pasien), para finalis memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk memonitor infus pasien secara real time.

Berfokus untuk membantu tenaga medis yang selama ini melakukan pemantauan kondisi cairan infus dengan cara harus mengunjungi kamar pasien, dengan SIMOISEN kini informasi kondisi cairan infus dapat dimonitor secara online melalui website. Inovasi karya anak bangsa ini diterapkan perdana di RSUD Majalengka yang didukung dengan rekomendasi Dinas Kesehatan setempat dalam ajang #AksiMudaIndonesia.

Selama satu bulan para finalis diberikan waktu untuk melancarkan aksi sosialnya dengan menyesuaikan kebijakan PPKM masing-masing daerah serta mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, dimana nantinya akan terpilih satu finalis terbaik dari masing-masing pilar yang dikompetisikan. Tidak bergerak sendirian, Asuransi Astra memberikan bekal berupa modal serta pendampingan khusus dari mentor terpilih yang senantiasa mengarahkan masing-masing ide finalis agar dapat berikan dampak sosial berkelanjutan yang maksimal.

“Untuk mewujudkan kehidupan yang sehat dan sejahtera sebagaimana dicanangkan dalam SDGs ini tentu dapat terlaksana dengan adanya kerja sama yang baik dengan berbagai pihak. Dalam hal ini kami bersama ide cemerlang dari para mahasiswa dalam #AksiMudaIndonesia senantiasa berkontribusi dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan tepat guna, baik dari segi aktivitas yang bermanfaat hingga terobosan yang inovatif,” ujar L. Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra. (NJK)

Foto: Salah satu finalis #AksiMudaIndonesia dari STIKes Budi Luhur Cimahi sedang cek kesehatan lansia pada program Lansia Sehati yang dilaksanakan di Desa Galanggang, Jawa Barat.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA