by

Sub 1 Sektor 19 Citarum Harum Buat Lubang Biopori di Area Pemakaman Umum Kramatjaya

Foto: Satgas Citarum Harum Sektor 19 Subsektor 1 dibantu masyarakat setempat membuat lubang biopori.

KOPI, Karawang – Satgas Citarum Harum Sektor 19 Subsektor 1 Batujaya melaksanakan kerjabakti pembuatan lubang biopori di area pemakaman umum Desa Kramatjaya. Kegiatan diadakan, Kamis (14/10/21), berlokasi di Dusun Kramatjaya RT 07 RW 03, Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Kegiatan dipimpin Dansubsektor 1 Batujaya Serda Sukarta Wijaya bersama personilnya, serta dibantu masyarakat setempat. Turut hadir Ketua RT 07 Heri, dan Ketua RW 03 Samsudin.

Menurut Dansubsektor 1, tujuan pembuatan lubang biopori adalah untuk resapan air tanah agar tidak tergenang di permukaan. “Karena berdasarkan laporan masyarakat setempat di area pemakaman umum sering terjadi genangan air jika musim hujan,” ujar Sukarta.

Lanjutnya, maka kami berinisiatif menindaklanjuti laporan tersebut dengan membuat lubang biopori di area pemakaman. Selain sebagai resapan air, lubang biopori juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik atau pupuk kompos.

“Pupuk kompos dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam, dan akan membuat tanaman subur,” jelasnya.

Dansubsektor 1 berharap masyarakat yang tinggal di sekitar tanggul Citarum untuk lebih produktif dalam memanfaatkan segala hal yang bersifat ekonomis, salah satunya mengembangkan pupuk organik yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri maupun untuk komersil.

“Saya harap masyarakat setempat lebih produktif dan memanfaatkan lahan yang ada untuk menghasilkan pupuk organik yang bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam,” harapnya. (AAS)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA