by

Ingin Tahu, Apa Saja 10 Bisnis Ibu Rumah Tangga Penghasilan Jutaan?

KOPI, Jakarta – Sebagai seorang perempuan, di samping kegiatan sehari-hari sebagai istri dan bunda bagi anak-anak, tentunya juga ingin mempunyai pekerjaan serta berpenghasilan sendiri agar lebih mandiri. Saat ini, terdapat 10 bisnis ibu rumah tangga penghasilan jutaaan yang bisa dijalankan.

Binis yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

Bekerja tidaklah harus selalu ke luar rumah ataupun di kantor. Seorang perempuan juga bisa menghasilkan uang tanpa harus menelantarkan kesejahteraan keluarga mereka. Bagaimana caranya?

1. Bisnis Laundry Pakaian

Kegiatan cuci-mencuci sudah sangat melekat dalam diri ibu rumah tangga, Anda bisa membuka bisnis rumahan terkait dengan hal tersebut dalam bentuk laundry pakaian, tas, sepatu, boneka ataupun sejenisnya (sesuai kemampuan).

Modal awal hanya perlu Rp.5.000.000,- saja. Ini digunakan untuk membeli mesin cuci, setrika, parfum dan lain-lain. Jika bisnis itu sudah mulai berkembang, maka bukan tidak mungkin Kamu dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Perlu diketahui juga, bahwasanya bisnis laundry ini akan sangat efektif jika rumah atau tempat tinggal Anda terletak di area ramai, dekat dengan universitas dan terdapat banyak tempat kost. Karena, masyarakat sekitar lebih suka dengan hal instan.

2. Menjadi Seorang Penjahit Pakaian

Jika mempunyai skill dalam urusan menjahit, maka jangan sia-siakan kemampuan tersebut. Dengan hanya bermodalkan mesin jahit serta benang saja, Anda bisa menerima pesanan dari berbagai macam baju seperti seragam anak sekolah, pegawai, gaun pesta, daster, gamis, celana, rok, jilbab dan sebagainya dalam jumlah kecil maupun partai besar.

Bisnis ibu rumah tangga ini sangatlah menjanjikan karena berjenis jasa. Modal untuk memulai pekerjaan sampingan ini cukup terjangkau yakni sekiar Rp.1.500.000,- sampai Rp.2.500.000,- saja. Bahkan, jika usaha tersebut bisa lancar, Anda dapat mengembangkannya menjadi konveksi dalam skala besar.

3. Usaha Catering Makanan dan Kue

Apakah Anda seorang ibu rumah tangga yang hobi membuat aneka macam kue dan makanan berbagai cita rasa nusantara bahkan internasional?Jika iya, kembangkanlah kegemaran tersebut menjadi sebuah bisnis usaha untuk meraup keuntungan dalam bentuk uang yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha bisnis kue dan catering ini, Anda bisa menitipkanya ke beberapa warung kecil di sekitar. Untuk pertamakali, buatlah porsi kecil saja (sebagai ajang promosi). Di sisi lain, tawarkanlah melalui media online seperti Facebook, Instagram dan sebangsanya.

Usaha ini hanya membutuhkan modal sekitar Rp.200.000,- saja untuk membeli bahan. Apabila kue dan jenis masakan yang dijual tersebut cukup laku, peluang bisnis rumahan ini memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan.

4. Bisnis Salon Kecantikan

Setiap perempuan pasti suka dandan serta merawat diri mereka. Nah, manfaatkanlah hal tersebut untuk membuka usaha salon. Bisnis ibu rumah tangga yang satu ini sangat menjanjikan dan pastinya tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya.

Untuk memulainya, tidak selalu harus menyewa tempat yang mahal. Jika hanya memiliki modal terbatas, bukalah salon di rumah dahulu sebagai awalan atau dengan menerima order panggilan ke tempat pelanggan. Dan pasanglah tarif yang terjangkau.

Untuk usaha salon rumahan, Anda dapat memulai dengan modal Rp.3.000.000,- sampai Rp.5.000.000,- saja. Modal tersebut untuk membeli perlengkapan, seperti kursi potong rambut, Cermin, make-up dan lain sebagainya.

5. Bisnis Menjadi Penulis Artikel Freelance

Ingin berbisnis tapi tidak ingin menyita waktu? Jadilah penulis artikel freelance, dimana model ini cukup menjanjikan terutama bagi yang suka menulis. Anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi freelance, namun tetap memiliki kesempatan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Biasanya seorang penulis freelance bertugas untuk menulis artikel yang disediakan. Namun, untuk memulai bisnis ini Anda harus tahu dan belajar mengenai cara penulisan berkualitas dalam segala bidang.  Bisnis ini tidak membutuhkan modal, tetapi hanya perlu laptop atau komputer saja.

6. Bisnis Jual Beli Tanaman Hias

Tanaman hias bukan hanya digunakan untuk outdoor saja, namun juga mempercantik isi rumah. Jadikan ini sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga. Akan tetapi, Anda juga harus mempunyai kemampuan merawatnya dengan baik serta telaten.

Modal awalnya adalah sekitar Rp.2.000.000,- saja untuk membeli koleksi tanaman dengan harga terjangkau. Selain tanaman hias, Anda juga bisa menjual jenis herbal yang dapat digunakan untuk keperluan dapur serta obat-obatan. Seperti, jahe, temulawak, laos, seledri dan lain-lain.

7. Bisnis Online Segala Kebutuhan

Jika Anda sebagai ibu rumah tangga telah bosan hanya berdiam diri saja di rumah, maka sedikit warnai keseharianmu dengan membuka peluang usaha melalui smartphone dan kuota internet. Tugas utama hanyalah posting sana-sini di media sosial “tanpa perlu modal”.

Anda bisa menjual barang apa saja seperti baju, perlengkapan kosmetik, tas, makanan, mukena, hingga alat-alat rumah tangga dari distributor. Yang terpenting untuk memulai bisnis ini adalah, jangan malu dalam menawarkanya pada siapa saja. Dan terus perbarui dagangan setiap minggunya.

Salah satu dari 10 bisnis ibu rumah tangga penghasilan jutaaan ini cukup laris manis dipasaran. Namun, cobalah untuk melihat dan menganalisa bagaimana para pesaing menjual dagangannya serta kekurangan dan kelebihannya. Besainglah dengan sehat, jangan saling menjatuhkan.

8. Bisnis Membuka Lembaga Bimbingan Belajar di Rumah

Anda pernah kuliah di jurusan kependidikan dan guru? Gunakan keahlianmu tersebut utuk membuka bimbingan belajar di rumah. Awali dalam skala kecil saja dulu. Jika hal tersebut benar-benar berhasil, maka jumlah siswa pada lembagamu akan bertambah dan penghasilan semakin meningkat.

Setelah berhasil, lebarkan sayap ke beberapa tempat sekitar. Dari bisnis ini akan didapatkan ratusan ribu rupiah setiap harinya (tergantung jumlah siswa). Bahkan dalam sebulannya menghasilkan omset bisa jutaan rupiah. Modal awal hanya sekitar Rp.500.000, untuk membeli meja kecil serta papan tulis.

9. Bisnis Perhiasan dan Kerajinan Tangan

Bisnis Perhiasan dan kerajinan tangan membutuhkan modal cukup kecil, tetapi Anda harus memiliki keterampilan pembuatan serta melakukan pemasaranya dengan baik. Selanjutnya dapat dikembangkan dalam skala yang lebih luas.

Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan modal tidak lebih dari Rp.3.000.000,- dengan barang dagangan seperti kalung, cincin, bros, anting dan lainnya. Berlakulah jujur dan mengambil sedikit keuntugan saja, asalkan laku keras dipasaran (agar usaha cepat berkembang).

10. Menjadi Seorang YouTuber

Di era millenial ini, sedang gencar adanya orang kaya baru karena mereka rajin mengunggah konten video di YouTube. Hal tersebut ditonton banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Sehingga, menghasilkan uang jutaan setiap bulannya. 

Modal yang dibutuhkan hanya Rp.2.000.000,-, ini untuk membeli smartphone guna merekam dan edit vidio. Bagi ibu rumah tangga, juga bisa melakukanya dengan sukses, Misalnya membuat tutorial makeup, memasak, mencuci dan hal lain terkait perempuan.

Demikian penjabaran secara lengkap tentang 10 bisnis ibu rumah tangga penghasilan jutaandari berita jateng hari ini. Semoga dapat menginspirasi perempuan di Indonesia, agar mengepakkan sayap mereka dalam berbagai usaha dalam rangka mewujudkan kemandirian.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA