by

Peringati HJKB ke-211, LPM Wates Bandung Gelar Donor Darah

KOPI, Bandung – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, menggelar Donor Darah dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-211, kegiatan ini bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Adapun peserta Donor Darah adalah warga masyarakat yang ada diwilayah Kelurahan Wates, kegiatan dilaksanakan di gedung MI Yapispa, RT 01 RW 05, Kelurahan Wates, Rabu (6/10/2021).

Dalam kegiatan bakti sosial donor darah ini turut hadir, Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., M.M., Camat Kecamatan Bandung Kidul, Evi Hendarin, S.Sos., M.AP., Lurah Kelurahan Wates, Beti Setiamah, S.P., M.M., Ketua LPM, Rukanda, unsur TNI-Polri, Tokoh Masyarakat, dan Karang Taruna.

Lurah Wates, Beti Setiamah, S.P., M.M., mengatakan bahwa kegiatan ini adalah donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis dari pihak PT. Kalbe Farma, acara ini terselenggara atas kolaborasi Kelurahan Wates, LPM, PKK, Karang Taruna, dan para RW yang ada di Kelurahan Wates.

“Kami bersinergi mengadakan hal ini, ini kegiatan yang amat sangat mulia, insya allah kami menyumbangkan setetes darah yang amat sangat mereka butuhkan di luar sana, semoga dengan kegiatan ini, Allah SWT mencatat menjadi amal baik kami, dan akan selalu memberi keberkahan kepada wilayah kami,” ucapnya.

Ketua LPM Kelurahan Wates, Rukanda, menambahkan bahwa penyelenggaraan kegiatan bakti sosial donor darah dan check-up kesehatan secara gratis ini, terselanggara atas kolaborasi dengan Kelurahan, PKK, PMI Kecamatan, dan PMI Kota Bandung.

“Alhamdulilah pada hari ini sudah ter-update data bahwa yang sudah mendaftar untuk menjadi pendonor, sebanyak 110 orang, mudah-mudahan minimal setengah dari yang sudah mendaftar menjadi pendonor bisa masuk nominasi, layak atau tidaknya calon pendonor melalui screening oleh tim medis. Saya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya sampai di sini saja, dan insyaallah bisa berkelanjutan ke tingkat Kecamatan,” ucap Rukanda.

Dalam kaitannya, dr. Siswo Budi Laksono, Kepala Bidang Mutu PMI Kota Bandung, saat di konfirmasi wartawan, mengatakan bahwa pada saat ini ketersediaan stock darah di PMI Kota Bandung tercukupi, mengingat saat ini sudah mulai lagi adanya kegiatan-kegiatan kader darah di luar gedung PMI.

“Alhamdulilah sekarang stock darah sudah meningkat lagi, sekarang kalau ada permintaan darah dari rumah sakit, sudah bisa dipenuhi, sekarang sudah mulai lagi adanya kegiatan-kegiatan kader donor darah di luar gedung PMI, dan dalam hal ini kami dari PMI mengucapkan terima kasih kepada Kelurahan Wates yang telah mengadakan kegiatan donor darah ini, mudah-mudahan bisa terus berlanjut, rutin, dan berkelanjutan,” pungkasnya. (Tedy)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA