by

Macam – macam Operasi Jantung yang Perlu Diketahui

KOPI, Jakarta – Penyakit jantung sebagai salah satunya penyakit yang penting dicurigai karena bisa memberikan imbas jelek untuk penderitanya, bahkan mencelakakan nyawa. Jika penderita penyakit jantung telah ada pada keadaan yang kronis, umumnya operasi jantung perlu dilaksanakan untuk selamatkan nyawa penderita. Operasi jantung yang sukses dilaksanakan bisa perpanjang keinginan hidup penderitanya. Ini beragam jenis hal berkenaan operasi jantung yang penting kamu kenali.

Mengenal Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang terhitung dalam penyakit kardiovaskular. Tetapi, sedikit ada ketidaksamaan antara ke-2 nya. Istilah penyakit kardiovaskular dipakai untuk penyakit yang terkait dengan jantung dan pembuluh darah, seperti tersumbatnya pembuluh darah. Masalahnya pembuluh darah benar-benar terkait dengan kesehatan jantung. Jika pembuluh darah mampet karena itu bisa mengakibatkan penyakit serangan jantung atau stroke.

Dalam pada itu, penyakit jantung betul-betul ke arah semua abnormalitas yang terjadi pada jantung, seperti persempitan pembuluh darah jantung, abnormalitas pada otot jantung, irama detak jantung, bahkan katup jantung.

Pengidap yang Membutuhkan Operasi Jantung

Terdaftar di tahun 2014, penyakit jantung menempati rangking ke-2 sebagai penyakit yang mematikan di Indonesia. Itu kenapa operasi jantung benar-benar dibutuhkan supaya nyawa penderita penyakit jantung bisa ditolong. Berikut beberapa ciri penderita yang penting jalani operasi jantung:

  • Alami kerusakan atau abnormalitas di bagian jantung.
  • Menderita penyakit jantung koroner atau tidak berhasil jantung yang paling berat.
  • Memerlukan transplantasi jantung.
  • Membutuhkan alat picu jantung implan.

Jenis-jenis Operasi Jantung

Ada beragam jenis tipe operasi jantung, satu diantaranya ialah open heart surgery. Pada proses operasi ini, dokter umumnya akan buka dada penderita lebar supaya bisa membenahi sisi yang hancur, seperti pembuluh darah, katup atau otot jantung. Tetapi, bersamaan mengembangnya tehnologi, operasi jantung juga alami perubahan hingga bisa dilaksanakan secara non-invasif, yakni dengan bukaan yang lebih kecil dan tidak begitu memunculkan merasa sakit.

Berikut beragam jenis jenis operasi jantung tergantung pada penyakit yang dirasakan penderita:

1. Operasi bypass (CABG)

Operasi bypass (CABG) masih terhitung ke operasi jantung terbuka dan dilaksanakan untuk mengobat penderita penyakit jantung koroner. Proses operasi jantung ini berbentuk pencangkokan pembuluh darah arteri atau vena yang sehat pada pembuluh darah jantung yang mampet. Dengan begitu, jantung dapat memperoleh supply darah fresh dari arteri yang dicangkokan. Selainnya untuk tingkatkan supply darah dan oksigen ke jantung, operasi bypass ini mempunyai tujuan untuk kurangi resiko penyakit serangan jantung, mengobati ngilu dada atau angina, dan kembalikan kekuatan fisik penderita penyakit jantung.

2. Operasi Katup Jantung

Sama dengan namanya, operasi katup jantung memang dilaksanakan untuk membenahi atau menukar katup jantung yang hancur. Penyakit katup jantung dapat terjadi jika minimal ada satu dari 4 katup jantung yang tidak dapat berperan secara baik hingga mengakibatkan persempitan atau kebocoran. Permasalahan katup jantung yang umum terjadi, diantaranya persempitan katup aorta (stenosis aorta), kebocoran katup aorta (regurgitasi aorta), dan kebocoran katup partnerl.

Nach, operasi katup jantung dilaksanakan supaya jantung bisa berperan kembali normal. Proses operasi katup jantung dilaksanakan dengan menukar katup yang alami abnormalitas dengan katup jantung mekanis atau katup dari donor, atau mengalihkan status katup sehat ke status katup yang hancur.

3. Transplantasi Jantung

Transplantasi jantung diperlukan jika jantung penderita tidak dapat kembali jalankan perannya untuk memompa darah. Umumnya keadaan itu terjadi pada penderita tidak berhasil jantung fase akhir. Oleh karenanya, jantung penderita yang hancur perlu ditukar dengan jantung dari donor yang sehat lewat transplantasi jantung. Tetapi, kesuksesan operasi transplantasi jantung tergantung dari keadaan badan penderitanya. Masalahnya badan penderita mempunyai potensi memberikan reaksi penampikan pada jantung yang baru. Ini karena mekanisme ketahanan tubuh penderita memandang organ itu sebagai benda asing yang dipandang beresiko. Tetapi, keadaan ini dapat diminimalisir dengan konsumsi obat imunosupresan.

4. Maze Surgery

Untuk orang yang alami abnormalitas irama detak jantung atau aritmia, tipe operasi yang dapat dilaksanakan ialah maze surgery atau disebutkan operasi ablasi. Proses operasi ini dilaksanakan dengan membuat irisan kecil untuk membuat jaringan parut. Tetapi, dokter bisa juga memakai langkah lain, yakni memakai energi gelombang radio untuk merusak tempat kecil jaringan sebagai pemicu detak jantung tidak teratur.

5. Angioplasti (PCI)

Juga dikenal sebagai Percutaneous Coronary Interventions (PCI), angioplasti dilaksanakan untuk buka pembuluh darah jantung yang mampet. Dokter akan masukkan alat khusus pada arteri yang mampet untuk menolong melebarkannya.

6. Implan Alat Picu Jantung (pacemaker) atau Implantable Cardioverter Defibrillator (ICD)

Alat picu jantung berbentuk alat kecil yang ditanamkan di bawah kulit dada atau perut. Dengan memakai signal listrik tambah energi rendah, alat picu jantung dapat mengontrol irama jantung. Dalam pada itu, ICD ialah alat untuk mengecek detak jantung yang tidak normal. Jika ada abnormalitas karena itu ICD akan mengirim surprise listrik ke jantung untuk membikin irama jantung jadi kembali normal.

Itu serba serbi sekitar operasi jantung. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai operasi jantung, kamu dapat menanyakan langsung pada dokter spesialis jantung.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA