by

Menteri Luar Negeri Uzbekistan Memimpin Kunjungan Kerja ke Afghanistan

KOPI, Tashkent USB –  Delegasi Uzbekistan yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Abdulaziz Kamilov mengadakan pembicaraan dengan pimpinan Afghanistan yang dipimpin oleh Wakil Kepala Pemerintahan Sementara untuk Urusan Politik Mulla Abdul Kabir di Kabul, seperti dilansir Layanan Pers Kementerian Luar Negeri Uzbekistan (7/10/2021).

Kedua pihak membahas situasi terkini untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan lainnya kepada rakyat Afghanistan, serta pelaksanaan proyek infrastruktur besar di bidang energi dan transportasi di negara itu.

Para anggota pemerintah sementara Afghanistan menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev atas perhatiannya yang besar terhadap aspirasi rakyat Afghanistan, bantuan kemanusiaan yang tak ternilai untuk mencegah krisis pangan skala besar.

Pihak Afghanistan sangat mengapresiasi kebijakan Presiden Uzbekistan untuk membangun dialog yang konstruktif dan dapat diterima bersama dengan otoritas baru Afghanistan, serta seruan kepala Uzbekistan kepada masyarakat internasional untuk mencairkan aset Afghanistan di luar negeri.

Para anggota delegasi Afghanistan menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada kepemimpinan Uzbekistan atas bantuannya dalam memulihkan kegiatan bandara internasional Mazar-i-Sharif, memastikan berfungsinya perbatasan Uzbekistan– Afghanistan tanpa gangguan, di mana negara akan menerima pasokan makanan dan barang- barang dasar lainnya secara berkelanjutan.

Para pihak mencapai kesepakatan untuk mengadakan negosiasi bersama di kota Termez dalam waktu dekat untuk membahas masalah perdagangan dan ekonomi termasuk pelaksanaan proyek pembangunan jalur transmisi kereta api Surkhan–Puli–Khumri dan Mazar-i-Sharif–Kabul–Peshawar.

Kesiapan pihak Afghanistan diungkapkan untuk memastikan keselamatan para pakar Uzbekistan yang terlibat dalam pelaksanaan proyek-proyek ini. Pejabat Kabul juga dengan tegas menyatakan bahwa tidak akan pernah ada ancaman terhadap keamanan saudara Uzbekistan dari wilayah Afghanistan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Perdana Menteri Bidang Perekonomian Abdul Salam Hanafi, Menteri Perhubungan dan Penerbangan Sipil Alhaj Hamidullah Akhundzada, Menteri Pekerjaan Umum Abdul Manan Omari, Menteri Energi dan Sumber Daya Air Abdul Latif Mansur.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA