by

Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Kampung Kopi, Masuk 50 Besar Desa Terbaik ADWI 2021

KOPI, Lambar – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno atau lebih dikenal Sandiaga Uno mengunjungi Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut atas terpilihnya Kampung Kopi yang berada di Pekon (Desa) Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, masuk dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021, Rabu (29/9/2021).

Dalam kunjungan tersebut, di Kampung Kopi yang merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan Lampung Barat itu, Menparekraf Sandiaga Uno disambut hangat Bupati Hi. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin (PM), (Forkopimda), serta ratusan masyarakat yang begitu antusias menyaksikan dengan arak-arakan gemisikh, atraksi silat dan tari sembah yang merupakan tradisi penyambutan tamu agung masyarakat adat di Kabupaten Bumi Beguai Jejama Sai Betik tersebut.

Selain itu, kegiatan tersebut turut dihadiri anggota DPR RI, Mukhlis Basri yang juga mantan Bupati Lampung Barat dua periode, Anggota DPD RI Abdul Hakim, Anggota DPRD Provinsi Lampung Lesti Putri Utami, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Endarwan, Kepala Perangkat Daerah Lambar, seluruh Camat yang ada di Lampung Barat dan Peratin se-Kecamatan Air Hitam.

Setelah acara penyambutan, Sandiaga Uno yang akrab disapa “Mas Menteri” mendengarkan presentase tentang sejarah desa wisata Kampung Kopi yang disampaikan oleh ketua Pomdarwis Kampung Kopi, Rojikin.

Selanjutnya, di Kampoeng Kopi Rigis Jaya yang saat ini sudah masuk 50 besar ADWI 2021, Sandiaga Uno berkeliling melihat secara langsung bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan produk kreatif komunitas virtual Lampung Barat. Dalam bazar tersebut terdapat berbagai produk UMKM, dan berbagai kerajinan turunan dari Kopi, bahkan Sandiaga Uno secara langsung ikut menumbuk kopi dengan alat tradisional, dan diakhiri dengan penandatanganan prasasti atas prestasi Kampoeng Kopi masuk 50 besar ADWI 2021. 

Sebagai bentuk perhatian Menparekraf terhadap pertumbuhan UMKM di Lampung Barat, ia membeli 600 buah tas hasil Eco Print untuk souvernir pada Komperensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 atau kelompok negara-negara berkembang di Asia Pasifik yang akan menggelar komperensi di Bali 2022 mendatang.

Selain itu, untuk mewujudkan keinginan desa, Sandiaga Uno memberikan 2 buah sepeda agar dapat menambah pendapatan Desa Wisata Rigis Jaya dengan bersepeda Santai di Kampung Kopi Rigis Jaya yang salah satunya diberikan kepada wisatawan asal spanyol atas nama Antonio. (D/S)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA