by

Kesetaraan Gender, Jembrana Raih APE kategori Madya dari Kementerian PPPA

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Penghargaan tersebut diberikan bagi Kepala Daerah yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan Keadilan Gender.

Penghargaan diterima Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna, Kamis ( 30/09/2021).

Bupati Tamba menyebut, penghargaan ini sebagai bukti komitmen Daerahnya dalam mewujudkan kesetaraan dan Keadilan Gender. Hal itu selaras dengan visi dan misi kepemimpinan mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana. Serta  pada misi Jana Kerti melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing mencakup Program Pemberdayaan Wanita.

Didampingi Sekda I Made Budiasa serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan & PAPPKB, Ni Kade Ari Sugianti, Bupati Tamba menambahkan, saat ini Indeks Pembangunan Gender (IPG) Jembrana cukup tinggi sebesar 93,52 persen. Sementara persentase partisipasi perempuan di Partai Politik sebesar 20 Persen. Dari total 35 jumlah Anggota DPRD Jembrana, tujuh orang merupakan perempuan.

Selain itu, Jembrana juga sudah memiliki Perda No. 7 Tahun 2020 yang mengatur tentang Pengarusutamaan Gender. “Terima kasih kepada Kementerian PPPA atas penghargaan kepada Kabupaten Jembrana, hal ini wujud komitmen kami akan Pengarusutamaan Gender. Ini berkat kerja keras seluruh OPD sekaligus motivasi mewujudkan  serangkaian program yang adil bagi perempuan, laki-laki, anak, penyandang disabilitas, lansia, dan kelompok rentan lainnya,“ papar Bupati Tamba. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan & PAPPKB, Ni Kade Ari Sugianti mengatakan tujuan akhir dari APE adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tahapan penilaian diawali pemeriksaan administrasi serta Verifikasi lapangan oleh Kementerian melalui zoom meeting pada Tahun 2021. 

“Pada tahapan ini dihadiri langsung oleh Bapak Bupati dan Ketua DPRD Jembrana didampingi Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana. Termasuk pemaparan langsung terkait Anggaran yang Responsif Gender di Kabupaten Jembrana,”  tandasnya.

Diketahui, Anugrah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran Kepala Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan Gender. Selain itu, bagaimana upaya dan strategi yang diterapkan mendukung Pengarusutamaan Gender tersebut. Implementasinya mencakup Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Dumber Daya, Data, Alat Analisis, partisipasi masyarakat.(AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA