by

Fitur Baru WhatsApp yang Bikin Chatting Makin Asyik

-Berita-122 views

Di zaman serba digital seperti ini hari, kita sudah terlatih berbicara dengan mengirim pesan melalui aplikasi chatting. Ada banyak aplikasi chatting yang dapat kita tentukan. Menariknya tiap negara punyai aplikasi chatting terkenalnya semasing. Sebutlah saja LINE yang terkenal dipakai orang Jepang. Atau program Kakaotalk yang menjadi aplikasi komunikasi khusus orang Korea Selatan.

Nach, di Indonesia sendiri aplikasi chat terpopuler yang dipakai warga ialah WhatsApp. Aplikasi ini lebih banyak disukai karena pemakaianya yang instant dengan feature yang gampang. Cukup mendaftarkan bernomor telephone, kita dapat memakai WhatsApp dan mengirim pesan dengan rekan, keluarga bahkan juga gebetan. Nach, tahun 2021 ini, minimal ada 7 feature baru WhatsApp yang dapat mempermudah kita sebagai pemakai. Tetapi tidak semua feature ini bisa pakai.

Ada beberapa feature yang diperkembangkan dan bisa dicicipi di saat kedepan. Ingin tahu dengan feature baru WhatsApp ini? Yok, langsung baca ulasannya!

1. WhatsApp akan membuat feature last seen untuk kontak-kontak dipilih.

Fitur pertama ialah fitur last seen untuk kontak-kontak dipilih. Sebetulnya feature last seen ini telah ada dari dahulu. Tetapi ini kali WhatsApp memikulgkannya. Nanti kita dapat pilih beberapa orang yang dapat menyaksikan last seen kita. Ya, mekanisme feature ini serupa dengan close friend yang berada di Instagram. Kamu dapat sembunyikan last seen dari pihak lain, tetapi sebagian orang dapat menyaksikan kapan akhir kali kamu buka WhatsApp.

2. Kali ini WhatsApp mempunyai feature perusak pesan namanya self destructing messages

Salah satu kekurangan pada aplikasi WhatsApp ialah tidak terdapatnya feature hapus pesan. Sejauh ini kita cuman disiapkan feature menarik pesan yang kurang efisien. Untuk menjawab hal itu, semenjak bulan Oktober lalu, WhatsApp sedang meningkatkan feature hapus pesan yang namanya self destruct messages. Feature ini bisa hapus pesan langsung, atau mengelola waktu penghilangan pesan mulai dari satu jam sampai setahun. Menarik sekali kan?

3. Untuk mempermudah buka media video dari basis lain.

Pernah tidak kalian buka video di WhatsApp dan kerap buffering? Ini telah jadi permasalahan dari dulu. WhatsApp mengetahui hal itu dan sedang meningkatkan feature namanya Chat. Feature ini ialah pemutar video bawaan yang hendak terinstall secara automatis di WhatsApp kalian . Maka ketika berada orang yang mengirimi link video dari Instagram, Twitter atau Youtube kalian bisa membuka langsung dari WhasApp tak perlu buka program berkaitan. Efisien banget kan?

4. Setelah tempo hari melaunching feature dark model.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp melaunching feature dark model. Feature ini segera disongsong gembira oleh beberapa pemakainya. Nach untuk menambahkan kenyamanan pemakai, WhatsApp akan mendatangkan feature baru berbentuk warna bubble pesan dalam chat saat kamu memakai dark Model. Beberapa warna bubble pesan ini akan membuat mata pemakai semakin nyaman saat buka WhatsApp di lokasi yang kurang sinar.

Baca Juga : https://taptalk.io/

5. Karena hoax kerap tersebar di program ini.

Sudah bukan rahasia kembali, WhatsApp adalah tempat di mana hoaks menebar secara cepat. Tidak sedikit orang yang termakan hoaks yang ditebarkan melalui WhatsApp group. Mengetahui ini, WhatsApp membuat feature baru berbentuk penelusuran pesan dan photo melalui situs. Feature ini sedang diperkembangkan untuk pemakai iOS. Bahkan juga feature ini sudah diuji-coba pada pemakai Android. Nanti setiap pesan yang sudah dilanjutkan sekitar 4x akan memperoleh pertanda search on situs. Secara singkat kita bisa pastikan kebenaran tulisan atau photo yang ditebarkan.

6. Sebelumnya, WhatsApp tidak sediakan design large files dalam feature penyimpanan usage-nya.

Selanjutnya ada design baru dalam feature penyimpanan usage. Design ini ialah large files. Awalnya beberapa pemakai WhatsApp tidak dapat simpan file yang terlampau besar. Karena ada design large files kita akan bisa saja simpan file besar. Disamping itu ada design forwarded files yang bermanfaat simpan file-file yang dilanjutkan. Design ini bermanfaat untuk mempermudah pemakai bersihkan area untuk menyimpan file. Lantas ada pilihan sort yang dapat mengurutkan photo yang diterima dari contact tertentu. Semua feature ini sedang dalam tahapan eksperimen untuk pemakai Android. Tetapi tidak tutup peluang feature penting ini ada untuk mereka yang menggunakan iPhone.

7. Terakhir ada feature baru yaitu penelusuran chat sama sesuai tanggal diterima dan dikirimkan

Jika sebelumnya kita cuman dapat cari pesan yang dikirimkan sesuai isi pesan yang diartikan, sekarang WhatsApp akan mendatangkan penelusuran pesan sesuai tanggal kirim dan terima. Nach untuk pemakai iOS, akan ada opsi search by date berbentuk icon kalender pada bagian atas keyboard. Sekarang feature penelusuran pesan melalui tanggal ini sedang dalam tahapan alpha yang masih diperkembangkan dan ditingkatkan.

Nah itu dia 7 feature baru yang hendak datang di program WhatsApp nanti. Ada banyak feature yang sudah dapat kita pakai dan ada pula yang masih juga dalam tahapan pengembangan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA