by

Cara Sederhana Transfer Saldo Antar Atm BCA

KOPI, Nganjuk – Sekarang ini, berbelanja secara online menjadi pola hidup sehari-hari warga modern. Membeli sebuah barang dari online shop tidak lagi hal yang asing. Bagaimana dengan Anda, pernahkah melakukan pembelian dengan manfaatkan toko online?

Secara umum, ada banyak sistem pembayaran yang umum dipakai pada proses jual-beli di online shop. Pertama, melalui kartu credit. Ke-2 , online payment gateway seperti Paypal. Ke-3 , melalui transfer bank. Ke-4, melalui Cash on Delivery (COD). Masing-masing sistem ini mempunyai kekurangan dan kelebihan semasing.

Dari keseluruhnya sistem tersebut, yang umum digunakan oleh orang awam ialah transfer bank. Sistem ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, sistem ini memerlukan langkah lanjutan yakni pengiriman bukti transfer, berbentuk photo tanda terima transfer. Ini adalah bukti yang umumnya diperlukan online shop saat sebelum memproses sebuah pesanan.

Salah satu bank yang menawarkan jasa transfer lewat ATM ialah BCA. Seperti kita pahami, BCA adalah bank tepercaya yang menawarkan bermacam kemudahan ke nasabahnya. Nach, berikut cara transfer uang melalui ATM BCA, baik ke lain bank atau sesama BCA Dilansir dari Blog ranahnetizen.com.

Cara transfer uang dari ATM BCA ke lain Bank

Kedatangan gerai ATM sebenarnya sebagai jalan keluar praktis yang masih banyak dipakai oleh warga sekarang ini. Di sini, beberapa nasabah dapat melakukan berbagai kegiatan transaksi keuangan atau nonfinansial. Begitupun untuk melakukan transaksi keuangan berbentuk transfer ke bank lain, Anda dapat melakukan di gerai ATM BCA.

Ada dua persyaratan khusus yang perlu Anda siapkan saat hendak melakukan transaksi di ATM BCA. Pertama, Anda pasti harus mempunyai kartu ATM atau kartu debet. Pastikan kartu tersebut masih dalam kondisi baik alias utuh. Ke-2 , Anda harus mengetahui PIN dari kartu ATM tersebut. PIN memperlihatkan pemilikan yang sah pada rekening tersebut.

Nach, berikut beberapa langkah yang dapat Anda tempuh untuk melakukan transaksi ke bank selain BCA di gerai ATM.

  • Masukan kartu ATM BCA ke tempat yang tersedia. Pastikan posisinya telah pas, yakni mengarah ke atas dengan sisi kiri yang dimasukkan pertama.
  • Setelah kartu ATM masuk, di monitor akan tampil panduan untuk mengisi PIN. Umumnya, PIN terdiri dari 6 digit. Masukan dengan berhati-hati karena bila salah pada percobaan ke-3 , kartu langsung akan terblokir.
  • Bila PIN yang dimasukkan sudah benar, di layar akan tampil beberapa menu. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  • Selanjutnya, lanjutkan ke pilihan, “Transfer” dan menu “Ke Rek Bank Lain”.
  • Nach, kemudian akan ada sebaris tempat untuk memasukkan code bank dan nomor rekening tujuan. Anda dapat mencari code bank pada opsi yang ada. Umumnya, code bank terdiri dari 3 digit. Untuk setiap bank, code yang dipakai berbeda.
  • Setelah informasi ini usai diisi, akan muncul layar yang meminta Anda memasukkan nominal yang hendak ditransfer.
  • Lalu, ada pertanyaan mengenai No Rekomendasi. Bagian ini dapat dikosongkan.
  • Sesudah semua terisi, pada layar ATM akan ada informasi transaksi bisnis yang akan Anda kerjakan, dimulai dari nomor rekening tujuan, nama pemilik rekening, sampai nominal transaksi. Bila semuanya sudah betul, tekan OK atau Ya.
  • Selanjutnya, selembar tanda bukti akan keluar ATM. Jangan buang tanda bukti ini karena bisa menjadi bukti yang memperlihatkan Anda telah melakukan transaksi.

Harus dipahami jika untuk melakukan transfer dana ke bank lain dari BCA, ada ongkos administrasi yang diperlukan.

Transfer ke sesama pengguna pelanggan Bank BCA

Disamping ke bank lain, tentu saja Anda pun bisa melakukan transfer ke rekening bank BCA. Nach, apa beberapa langkah yang penting dilakukan untuk itu?

  • Masukan Kartu ATM BCA ke tempat yang ada di mesin ATM.
  • Isikan PIN ATM secara benar. Pada monitor akan muncul beberapa menu transaksi. Pilih “Menu Transaksi Lainnya”.
  • Kemudian, pilih menu “Transfer” dan “Ke Rek BCA”.
  • Selanjutnya, masukan nomor rekening BCA tujuan.
  • Kemudian, teruskan dengan masukkan nominal yang hendak ditransfer.
  • Sesudah semua langkah ini selesai, Anda akan melihat data transaksi yang baru saja ditempatkan, yakni berbentuk nama penerima, nomor rekening, dan jumlah yang hendak ditransfer. Apabila sudah benar, pilih YA atau OK.
  • Selanjutnya, tanda terima akan keluar, begitu juga kartu ATM.

Cara transfer uang melalui ATM BCA memang sangat praktis dan gampang. Tetapi, ada banyak hal yang harus Anda cermati saat akan melakukan transaksi melalui sistem ini.

Pertama, jangan memberi informasi yang memiliki sifat rahasia ke orang asing yang belum Anda kenal. Bahkan, bila ada orang yang mengaku dari pihak bank, PIN tetap harus dirahasiakan.

Ke-2 , saat sebelum melakukan transaksi, perhatikan dahulu sekitar lingkungan. Pada zaman sekarang, ada beberapa hal yang dapat terjadi, termasuk kejahatan fisik di area mesin ATM.

Ke-3 , Anda harus mengetahui strategi yang paling aman bila terjadi keadaan genting. Misalkan, saat kartu ATM tertelan atau saat mesin macet sementara transaksi belum selesai. Hubungilah nomor yang tepat, yakni nomor layanan konsumen BCA.

Ke-4, bila ada orang yang berniat menolong, tapi melakukan gerak-gerik yang mencurigakan, Sebaiknya anda segera siaga.

Nach, demikian cara transfer uang melalui ATM BCA. Ada juga cara lain, yakni dengan melakukan transfer lewat bank dan memakai e-banking. Jangan lupa, setelah lakukan transfer, Anda berkewajiban untuk menghubungi sang penerima uang dengan menyertakan bukti berbentuk photo tanda terima transfer.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA