by

Cara Mengatasi WC Penuh Secara Alami

KOPI, Jakarta – Cara mengatasi WC penuh secara alami mudah, murah dan tidak terlalu lama. WC mampet  pergerakan ke toilet menjadi terganggu dan menimbulkan masalah baru. Akan tidak nyaman dan bikin masalah baru muncul dengan bau tidak sedap.

Solusi memanggil tukang WC, belum tentu cocok dan belum tentu dana ada. Jika demikian adanya, Anda dapat menggunakan cara alami dan bisa melakukannya sendiri dengan beberapa proses. Bagaimana caranya?

Mudah, Ini Dia 3 Cara Mengatasi WC Penuh Secara Alami

Agar WC lancar kembali dan kembali seperti sedia kala carikan solusi cara alami dan mudah. Cara ini tidak terlalu menguras banyak keuangan Anda sehingga dapat menghemat pengeluaran. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, Anda dapat mengetahuinya seperti di bawah ini.

  1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda sangat terkenal dan mudah ditemui bagi yang suka membuat roti atau kue. Baking soda  juga manjur untuk menanggulangi permasalahan WC tidak berjalan normal. Cara mengatasi WC penuh secara alami menggunakan baking soda adalah:

  • Ambil baking soda secukupnya dan masukkan ke lubang WC kamar mandi.
  • Bilas dengan air, lalu tuangkan cuka secukupnya ke WC.
  • Guyur dengan air supaya kedua bahan tersebut bercampur merata dan dapat menggilas sisa kotoran yang menyumbat.

Untuk hasil lebih baik, baking soda dan cuka tuangkan agak banyak agar hasil maksimal. Baking soda dapat menghilangkan kerak sedangkan cuka memiliki sifat asam. Sifat ini akan membuat cuka abrasif dan efektif mengikis kotoran.

  1. Menggunakan Gantungan Baju Berbahan Kawat

Penggunaan bahan yang mudah didapat di rumah memang lebih aman dan wajib dicoba dengan menggunakan gantungan baju. Gantungan khusus yang terbuat dari kawat agar lebih kuat dan lentur tidak mudah patah.

Namun, yang perlu diingat adalah penggunaan gantungan ini apabila benda yang bikin mampet dan corong tak terlalu jauh jaraknya. Caranya cek di bawah ini.

  • Bagian ujung kawat tajam bungkus dahulu menggunakan kain dan selotip. Hal ini Anda lakukan agar tidak merusak permukaan WC.
  • Ujung tersebut masukkan ke dalam pipa WC. Dorong hingga maksimal agar benda yang membuat mampet terdorong ke septic tank.
  • Cek dengan menyiram air, apakah airnya sudah berkurang atau belum. Jika berkurang artinya penyebab WC mampet sudah lolos ke septic tank. Jika belum ulang kembali dari awal.

Cara ini biasanya dilakukan sedot wc Surabaya jika ada benda atau sesuatu yang bikin WC mampet. Dengan mendorongnya secara maksimal diharapkan yang menjadi mampet terdorong lolos ke septic tank. Caranya mudah dan dapat dicoba.

  1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi WC penuh secara alami secara ampuh dengan bahan yang mudah Anda dapatkan yaitu sabun cuci piring. Sabun ini tentunya selalu tersedia di dapur dan caranya juga tidak rumit.

Yang harus Anda siapkan hanyalah cairan sabun sebanyak secangkir dan air mendidih atau panas dan handuk. Langkahnya sebagai berikut:

  • Tuang sabun cuci piring ke dalam WC dan tunggulah beberapa saat supaya sabun mengendap. Sabun cuci piring ini berfungsi untuk melicinkan jalan ke septic tank sehingga jika ada yang menyumbat akan lebih mudah jalannya.
  • Jika sudah beberapa saat lamanya tuangkan air panas sebanyak-banyaknya ke dalam WC. Hal ini Anda perlukan agar apapun yang menyumbat ikut terdorong ke septic tank dengan mudah.
  • Tunggu hingga kurang lebih 20 menit dan siram kembali WC dengan air, jika air tidak tergenang dan surut artinya usaha yang Anda lakukan berhasil.

Tidak terlalu sulit cara mengatasi WC penuh secara alami asalkan sesuai langkah dengan benar. Dapat Anda lakukan dengan memilih cara yang paling mudah dan bahannya tersedia di rumah. Mudah, murah dan tak begitu menyita pengeluaran bulanan Anda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA