by

Bupati Tamba Apresiasi Duta Jembrana Raih Juara II Utsawa Dharma Gita di Tingkat Nasional

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba memberikan apresiasi kepada perwakilan Kabupaten Jembrana yang berhasil meraih Juara II Kekawin Remaja Putra Utsawa Dharma Gita di tingkat Nasional, Jumat (29/10/2021) lalu.

Kedua remaja berprestasi atas nama I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan yang berpasangan dengan Putu Krisna Adi Surya. Keduanya saat ini tercatat menempuh Pendidikan Tinggi di Undiksha Jurusan PGSD.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba pada kesempatannya menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih tersebut, tentunya ini menjadi tambahan sederet kabar menggembirakan untuk masyarakat Kabupaten Jembrana. 

“Kemarin Atlet kita juga berhasil meraih Mendali Emas PON XX Papua, kali ini kembali Duta Jembrana meraih Juara II Utsawa Dharma Gita di tingkat Nasional. Ini kabar yang sangat membahagiakan, apalagi bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda,” ujar Bupati Tamba usai menerima kedua remaja berprestasi tersebut di Rumah Jabatan Bupati Jembrana.

Beliau mengaku bangga makin banyak anak muda Jembrana yang berprestasi dalam berbagai perlombaan. Bupati Tamba berharap, prestasi tersebut semoga bisa menginspirasi kaum muda Jembrana lainnya.

Lebih lanjut, Bupati menginginkan agar ke depannya tidak berhenti sampai di sana saja, namun lebih ditingkatkan lagi khususnya berinovasi dalam menciptakan nyanyian-nyanyian suci keagamaan (kekawin) dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan.

“Kedepan saya meminta kepada pemenang lomba tersebut, agar terus meningkatkan ilmunya, juga berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan nyanyian suci keagamaan dengan catatan harus tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Parbud. Kabupaten Jembrana Anak Agung Ngurah Mahadikara Sadhaka, mengatakan sebelum berhelat di perlombaan Utsawa Dharma Gita tingkat Nasional, Duta Jembrana tersebut berhasil memenangkan kriteria Lomba Kekawin Remaja Putra dengan memperoleh Juara I pada Lomba Utsawa Dharma Gita tingkat Provinsi.

“Seyogyanya lomba Utsawa Dharma Gita tingkat Nasional tahun 2020 dilaksanakan di Provinsi Maluku, mengingat adanya kondisi Pandemi Covid-19 Tahun 2020 kegiatan tersebut tempatnya dirubah dan ditunda. Selanjutnya kegiatan tersebut diadakan pada tanggal, 27 September 2021 secara Luring dan Daring, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan,” ungkapnya.

Sementara lokasi, untuk Provinsi Bali dipusatkan di Hotel Sthela Ubud, Gianyar Bali.

“Sedangkan untuk pengumuman pemenang lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional diumumkan secara virtual oleh Bali TV pada tgl 21 Oktober 2021 lalu dan untuk kriteria Kekawin Remaja Putra yang pesertanya diwakili oleh perwakilan Kabupaten Jembrana mendapatkan JUARA II Lomba Utsawa Dharma Gita tingkat Nasional Tahun 2021, sambung Mahadikara,” lanjutnya.

Sementara itu, pemenang lomba I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan (21) yang berasal dari Desa Poh Santen, Kecamatan Mendoyo,  mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jembrana atas masukan-masukan yang telah diberikan. 

“Apa yang menjadi arahan bapak Bupati tentunya menjadi bahan bagi saya untuk lebih meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya dalam mekekawin (nyanyian suci Hindu) mengingat hal itu juga sebagai bentuk meningkatkan rasa keagamaan sebagai wujud pemahaman ajaran agama, Sradha dan Bhakti sebagai landasan terbentuknya Ahlak mulia serta melestarikan dan mengembangkan Dharma Gita di kalangan Umat Hindu,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, sebagai bentuk apresiasi Bupati Jembrana menyerahkan bonus dari Pemkab Jembrana sebesar Rp 20 Juta kepada pemenang lomba I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan yang berpasangan dengan Putu Krisna Adi Surya. (Humas/AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA