by

Bupati Tamba Ajak Pelaku Wisata Berbenah

KOPI, Jembrana – Jelang dibukanya Pariwisata Mancanegara, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengajak para pelaku wisata Jembrana berbenah untuk menghadirkan destinasi wisata yang berkualitas. Sekaligus, agar pariwisata Jembrana segera bangkit, membuka dan menyerap  lapangan pekerjaan di masa pandemi Covid-19 yang sudah lama berlangsung.

Hal tersebut, disampaikan Bupati Tamba usai tatap muka bersama pelaku pariwisata, Manager Hotel, PHRI hingga Pokdarwis se-Kabupaten Jembrana, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana , selasa (12/10/2021).

Bupati Tamba mengatakan bahwa memang sengaja mengumpulkan para pelaku wisata itu sekaligus ikut bermusyawarah untuk memecahkan permasalahan khususnya di Sektor Wisata. “Ini pertemuan pertama, secepatnya akan kita gelar kembali pertemuan berikutnya, kita ingin mendengar masukan langsung dari pelaku wisata. Memecahkan sejumlah masalah, sektor apa saja yang perlu diperbaiki agar benar-benar siap,” kata Bupati Tamba.

Bupati Tamba menegaskan bahwa Kabupaten Jembrana tidak kalah dengan kabupaten lainnya di Bali. Karena itu ia mengajak pelaku pariwisata agar lebih out of the box mengemas paket wisatanya.

Hanya saja, beliau melihat sampai sekarang industri pariwisata Kabupaten Jembrana masih bergerak sendiri-sendiri. Artinya yang ditonjolkan belum merupakan product destinasi Kabupaten Jembrana.
Beliau mencontohkan jika ada paket wisata yang dijual selama 3 hari akan ada kebingungan dari pelaku wisata. “Kalau jual paket 3 hari kepada tamu, untuk hari pertama mungkin lolos. Nah untuk hari berikutnya akan kebingungan diajak kemana. Belum ada tujuan pasti karena masih meraba-raba. Nah ini yang ingin kita carikan solusi,” papar Bupati Tamba.

Terkait target wisatawan, Bupati Tamba tidak pilih-pilih. Baik itu wisatawan  domestik maupun asing. “Harapannya agar dapat sesuatu dari pariwisata ini. Bukan hanya asap dan debu karena sekedar dilewati,” sambungnya.

Daerah sendiri, sambungnya, juga tengah menyiapkan infrastruktur serta fasilitas penunjang wisata dengan konsep one stop destination.
Mulai dari sentra tenun Jembrana, atraksi wisata rutin tahunan, Jegog, UMKM/kuliner serta sirkuit all in one.

Termasuk Gilimanuk sebagai pintu gerbang Bali bagi wisatawan domestik dari Jawa.
Akan ditata sehingga mencirikan Pelabuhan modern dan memberi nilai tambah bagi wisatawan yang melintas.

Sementara untuk promosi wisata, Bupati Tamba juga minta dibuat seefektif dan efisien mungkin. Artinya uang yang dikeluarkan harus tepat sasaran , menjangkau target yang dituju.

Sementara Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Jembrana
I Kadek Rondy Ginawan berharap Pemerintah Kabupaten memperbanyak penunjuk arah tempat destinasi wisata di Kabupaten Jembrana. Baik itu plang wisata maupun bilboard maupun videotron.

Mewakili rekannya, Ia juga menyampaikan keluhan di lapangan terkait lampu penerangan jalan menuju akses wisata ada yang mati. Ia ingin lampu penerangan itu segera diperbaiki. Selama ini masih banyak lampu penerangan jalan di daerah wisata justru mati, sehingga gelap dan kurang nyaman bagi wisatawan. 

Selain itu, ia mengharapkan event bisa melibatkan di sektor perhotelan. Misalnya dari kunjungan kerja yang masuk ke Jembrana wajib menginap di Kabupaten Jembrana.

Perlunya promosi yang berkesinambungan juga menjadi sorotan. Tujuannya tidak lain  untuk mempromosikan bagaimana Kabupaten Jembrana sebagai daerah wisata agar dikenal market.
Menurutnya promosi tidak boleh sekali saja tapi mesti berkali kali dan secara kolektifitas.

“Kondisi saat ini kami sudah berpromosi, tapi sebatas individual dengan promosi sendiri. Itu kurang mendapat perhatian pasar. Kalau mau dikenal Kabupaten Jembrana harus melakukaan promosi yang  yang kolektivitas dan berkesinambungan.
Jadi kami mohon, tolong dianggarkan untuk promosi ini agar Kabupaten Jembrana bisa bersanding dengan destinasi lainnya yang lebih dulu dikenal,” harapnya.

Turut hadir dalam tatap muka pelaku wisata ini, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Asisten II I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, serta Kabid Pariwisata Jembrana I Komang Gede Hendra Susanta. (AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA