by

BIN Daerah Jawa Tengah Selenggarakan Vaksinasi Massal di Purworejo

KOPI, Purworejo – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jawa Tengah kembali  menyelenggarakan vaksinasi massal bagi pelajar/ santri dan masyarakat secara door to door yang merupakan bentuk komitmen BIN dalam mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan program vaksinasi Covid-19. Demikian dikatakan Kepala BIN Daerah Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto di Purworejo (28/10/2021)

“Sebanyak 5.500 dosis vaksin jenis Sinovac disiapkan untuk pelaksanakan vaksinasi di  6 (enam) lokasi di wilayah Kab Purworejo. Vaksinasi pelajar dan santri dilaksanakan di Ponpes Nuril Anwar  Purworejo dan MTsN 1 Purworejo, sementara vaksinasi door to door,” katanya.

Pada kesempatan kali ini menyasar daerah yang cukup sulit dijangkau di wilayah kecamatan Kaligesing yaitu yaitu Desa Somongari, Desa Ngadirejo, Desa Ngaran dan Desa Kaligono.  Perlu diketahui jika Kec Kaligesing merupakan salah satu wilayah di Purworejo dengan kontur pegunungan dan jalan yang cukup menantang.

“Segenap peserta vaksinasi, pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI dan Kepala BIN atas terselenggarakan vaksinasi. Adanya program vaksinasi ini, memberikan harapan besar kepada pelajar/santi untuk terlaksananya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang selama ini terkendala karena kebijakan PPKM,” lanjutnya.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas bersama kepala daerah 25 Oktober 2021 lalu, menyampaikan bahwa kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia pada kondisi yang baik. Kendati demikian, seluruh pihak diminta untuk tidak lengah dengan kondisi ini, dan tetap meningkatkan protokol kesehatan. Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) juga diperlukan manajemen pengawasan yang ketat sehingga tidak menjadi cluster penyebaran baru.

“Program vaksinasi door to door, merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kepala BIN Bapak Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan dalam upaya memudahkan masyarakat mengakses vaksin terutama daerah yang sulit dijangkau, menjadi pertimbangan BINDA Jateng memilih wilayah Kaligesing Kab Purworejo,” ungkapnya.

“Dengan vaksinasi door to door, maka potensi kerumunan di pusat-pusat vaksinasi dapat diminimalisir sehingga lebih aman dari kerumunan, disamping sistem door to door  juga terbukti mampu meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi,”sebutnya.

Vaksinasi covid-19 ini merupakan akselerasi dari BIN mendukung program pemerintah untuk tercapainya target Herd Immunity atau kekebalan kelompok pada akhir 2021.  Meskipun pelajar, santri dan masyarakat telah melaksanakan vaksinasi, pihak penyelenggara dalam hal ini Badan Intelijen Daerah (BINDA) Jateng tetap mengharapkan kepada pelajar santri dan masyarakat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker dan rajin mencuci tangan ketika beraktivitas.  (evi) 

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA