by

4 Tips Cermat Hemat Belanja Bulanan

KOPI, Jakarta – Bagi banyak ibu, berbelanja bulanan ialah peristiwa membahagiakan yang paling dinanti, sekalian dicemaskan. Mengapa dapat demikian? Ya, berbelanja bulanan membahagiakan sebab bisa menampung keinginan berbelanja beberapa ibu, tapi juga mengerikan karena tidak berasa dapat habiskan uang banyak sekalian! Nach, jika tidak ingin porsi bulanan langsung bobol, Anda harus ketahui panduan jeli irit berbelanja bulanan berikut!

1. Membuat daftar belanja

Membuat daftar belanja bulanan ialah point paling penting dalam berbelanja bulanan supaya Anda dapat konsentrasi beli barang yang diperlukan saja. Buat daftar keperluan barang sepanjang satu bulan, terhitung bahan dasar dan keperluan bulanan yang lain. Dengan ketahui apa yang penting dibeli, Anda dapat terbebas dari lapar mata untuk beli beragam barang konsumtif lain.

Jika daftar belanja bulanan terlihat kebanyakan, Anda dapat memutuskan peruntukan dana dan membuat daftar fokus dari yang terpenting sampai yang kurang penting. Juga bisa menyortir daftar belanjaan dari barang yang betul-betul telah habis di dalam rumah sampai yang masih tetap ada stock. Tidak ada kelirunya untuk mempersiapkan peruntukan dana untuk beberapa hal yang tidak tersangka.

2. Menyesuaikan tempat berbelanja

Kalau sudah berbicara masalah berbelanja bulanan, Anda perlu pilih tempat berbelanja yang akurat. Karena Anda akan beli barang dengan jumlah yang lumayan banyak, seharusnya tidak belanja di lokasi yang mempunyai beda harga sedikit mahal dari harga biasa. Beda sedikit untuk satu barang bisa menjadi lumayan besar karena Anda beli barang dengan jumlah yang banyak.

Anda perlu pilih tempat berbelanja pada harga dapat dijangkau seperti swalayan yang kerap memberikan potongan harga, pasar, atau supermarket grosir. Bila ada tempat yang lain Anda ketahui tambah murah, wajib buat belanja pada tempat itu.

3. Memanfaatkan potongan harga dan kartu anggota

Mengingat Anda akan belanja dengan jumlah banyak, manfaatkan potongan harga yang diberi tempat berbelanja akan membuat Anda banyak hemat. Cari info kapan umumnya tempat berbelanja Anda memberi potongan harga paling besar. Umumnya tempat berbelanja memberikan potongan harga di akhir pekan.

Anda juga bisa manfaatkan kartu anggota yang Anda punyai. Banyak tempat berbelanja yang memberi semakin banyak diskon bahkan juga penghargaan ke anggotanya. Pilih saat yang pas sekalian manfaatkan potongan harga anggota akan memberi penghematan agak banyak.

4. Pilih barang yang murah dan berkualitas

Meski telah membuat daftar berbelanja untuk menghindar beli barang yang tidak diperlukan, masih tetap ada bermacam merk untuk beragam tipe barang dalam perincian belanjaan. Untuk barang yang serupa, dapat ada dua ataupun lebih merk pada harga yang lain. Pada kondisi begitu, Anda perlu memperbandingkan harga dan pilih barang yang murah namun tetap berkualitas.

Salah satu contoh yang dapat Anda coba ialah saat menentukan sabun untuk keperluan setiap hari Anda dan keluarga. Bukannya sabun dengan merk mahal yang memakai harum ala-ala minyak wangi berkualitas, Anda dapat pilih sabun cair Lifebuoy paket Goceng pada harga Rp 5.000 yang bisa dipakai sampai 20x mandi dan ada dalam tiga variasi, Total10, Lemon Fresh, dan Charcoal.

Bahkan untuk satu sabun tangkai Lifebuoy yang memberi pelindungan optimal dari kuman dan bakteri, Anda cukup keluarkan uang di antara Rp 3.000-4.000 saja. Tidak harus mahal, yang perlu kualitas sudah terbukti dan sanggup memberantas kuman sampai habis.

Jika Anda mempunyai dana lebih, benar-benar dianjurkan untuk pilih sabun cair Lifebuoy untuk jaga kebersihan dan kesehatan keluarga Anda. Sabun Cair Lifebuoy datang dalam bermacam variasi yang direncanakan untuk memberi faedah yang detil untuk beragam keperluan keluarga Anda. Selamat belanja bulanan dengan trick jeli hemat di atas!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA